fajarnews

Delapan Ruko Terbakar, Kebakaran Diduga Bermula dari Garasi Mobil Milik Toko Mas Merak

Redaksi : Fatianto Fadhillah | Minggu, 10 September 2017 | 23:34 WIB

Hasan
Empat mobil yang berada di garasi mobil milik Toko Mas Merak hangus dilalap si jago merah.*

Fajarnews.com, CIREBON - Delapan rumah toko (ruko) baik ruko mainan, plastik, maupun ruko elektronik di Jalan Pekiringan, Kelurahan/Kecamatan Pekalipan, Kota Cirebon Minggu (10/9) pagi sekitar pukul 05.30 WIB ludes terbakar.

Dari delapan ruko yang terbakar tersebut enam di antaranya berada di RW 05 Kebon Pring yakni Bintang Mandiri, Mainan Chan-Chan, Jupiter Toys, Bintang Baru, Robinson Sepatu, dan Butik, serta 2 toko sepatu di RW 01 Pandesan, yakni Robindon dan Rona. Atas kebakaran tersebut, diduga kerugian mencapai miliaran rupiah.

Sementara hingga pukul 20.30 WIB, tiga mobil pemadam kebakaran masih disiagakan di sekitar lokasi meskipun api telah berhasil dipadamkan. Kasie Kesiapsiagaan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Cirebon, Ahmad Wahyudi mengaku masih belum mengetahui penyebab utama kebakaran tersebut.

“Ada tujuh mobil pemadam kebakaran Kota Cirebon yang diterjunkan untuk memadamkan api, dibantu satu mobil pemadam kebakaran dari Kabupaten Cirebon, satu mobil tangki air Arida, satu mobil tangki Pelindo, dua mobil tangki air PDAM Kota Cirebon, dan satu water canon Polres Cirebon Kota,” terangnya.

Atas insiden itu, Polres Cirebon Kota pun meminta bantuan Tim Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri untuk menyelidiki penyebab kebakaran di Jl Pekiringan, RT 2, RW 5, Kelurahan Pekalipan Kota Cirebon.

"Nanti Puslabfor Mabes Polri yang akan mencari tahu peyebab terjadinya kebakaran di sini," kata Wakapolres Cirebon Kota, Kompol Jarot Sungkowo.

Pihaknyanya menyatakan belum bisa menyimpulkan penyebab kebakaran itu, karena memerlukan penyelidikian. Namun Jarot memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Hanya saja, petugas sempat panik karena ada sejumlah warga yang terkuci di dalam toko.

"Tadi ada warga yang terkunci di dalam toko, mereka mau keluar nggak bisa, karena dikunci dari luar oleh pemiliknya. Tapi Alhamdulillah, mereka berhasil dikeluarkan," kata Jarot.

Salah seorang saksi yang ditemui di TKP, Sugiyono yang juga selaku Ketua RT 01 RW 05 Kelurahan Pekalipan mengatakan, dirinya sekitar pukul 04.30 WIB melihat kepulan asap dari arah gudang milik Toko Mas Merak, kemudian berinisiatif mendekat dan memanggil orang sekitar untuk mengecek lokasi.

"Jam setengah lima saya lihat kepulan asap, saya langsung menuju titik asap, benar saja sudah ada api membara, seisi gudang dan garasi sudah terbakar, lalu saya bersama warga lain dengan peralatan seadanya mencoba memadamkan api," katanya.

Selain upaya tersebut, ia pun langsung menghubungi petugas pemadam kebakaran, yang kemudian mengirimkan dua unit mobil pemadam.

Saksi lain, Heriyanto menambahkan, sekitar pukul 04.30 WIB, ia dan temannya Adi, baru pulang dari bermain game, setibanya di kamar yang letaknya dekat garasi, ia tidak melihat ada api dan ketika sedang tidur-tiduran, tiba-tiba ia mendengar ada suara teriakan, spontan ia bangun dan mengecek keluar dan ternyata sudah ada api dan asap tebal dari garasi mobil.

"Saya pulang main PS jam setengah lima, saat itu tidak ada apa-apa, tapi pas saya lagi tidur-tiduran ada orang teriak kebakaran, saya liat keluar, dan benar saja ada api di garasi mobil," jelasnya.

Akibat kebakaran di garasi tersebut, empat mobil yang terparkir di dalamnya hangus terbakar, mobil tersebut berjenis Alphard, Mobilio, Previa dan Innova, serta satu sepeda motor vixion.

"Kebakaran ini besar sekali, awalnya api dari garasi mobil yang letaknya di belakang toko-toko," kata Kusnan Ketua RW 05 Kelurahan Pekalipan.

Ia menerangkan, api diketahui mulai menyala sekitar pukul 04.30 WIB, yang bermula dari garasi mobil milik Toko Mas Merak. Api sebelumnya menjalar ke arah rumah warga di belakang garasi tersebut, pada pukul 06.30 WIB mulai padam, namun karena angin kencang, api mengarah ke pertokoan.

"Pertama nyamber ke toko mainan, terus angin kencang menjalar ke toko-toko sebelahnya, bahkan toko bagian sebrang pun ikut terbakar," jelasnya. (MH Hidayat)

Loading Komentar....
loading...