fajarnews

Bantu Ringankan Kebutuhan Warga, Rumah Zakat Suplai Air

Redaksi : Fatianto Fadhillah | Kamis, 7 September 2017 | 19:39 WIB

Dede Kurniawan
Warga Desa Slangit, Kecamatan Klangenan berebut mendapatkan air bersih bantuan dari Rumah Zakat. *

Fajarnews.com, CIREBON - Memasuki musim kemarau, warga Desa Slangit, Kecamatan Klangenan, Kabupaten Cirebon mulai mengalami kesulitan mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari. Untuk mendapatkan air bersih, warga harus rela mengambil air ke desa tetangga yang jaraknya lumayan jauh.

Dengan jarak yang cukup jauh tersebut, selain masalah waktu, biaya untuk mengangkut air dari desa tetangga juga cukup besar. Hal itu menjadi salahsatu masalah dan beban baru masyarakat Desa Slangit saat menghadapi musim kemarau tersebut.

Desa Slangit, Kecamatan Klangenan dengan dari luas wilayah daratan mencapai 277 Km, terdiri dari 4 dusun, 6 RW dan 20 RT dengan Jumlah penduduk sekirar 5.200 jiwa. Secara keseluruhan warga desa ini tidak memiliki sumber air tanah, sehingga ketika memasuki musim kemarau tidak ada air yang bisa digunakan masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari, seperti mandi, cuci dan kakus (MCK, red).

Tuwijem, salahseorang warga Desa Slangit mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan air bersih, biasanya warga berharap dari air giliran bendung rentang yang masuk melalui sungai.  “Namun kondisi air di sungai itu jauh sekali dari kata layak dan untuk memuhi kebutuhan air, kami dan warga lainnya harus mencari air sampai ke desa tetangga. Untuk warga yang mampu mungkin bisa membayar orang untuk mengambil air, tapi kalau warga kurang mampu harus susah payah agar bisa mendapatkan air bersih,” ujar Tuwijem kepada “Fajarnews.com”, Minggu (1/9).

Tuwijem mengapresiasi Rumah Zakat yang sudah membantu warga Desa Slangit dengan memberikan bantuan air bersih untuk kebutuhan warga seperti MCK. Bantuan yang diberikan Rumah Zakat, menurut Tuwijem, dapat sedikit meringankan kebutuhan waga khususnya masalah air bersih.

Sementara itu Pejabat Kuwu Desa Slangit, Rasito, mengapresiasi langkah yang diambil Rumah Zakat yang bersedia membantu air bersih unuk memenuhi kebutuhan air bersih warga desanya. “Dari 4 tanki yang rencananya akan diberikan oleh Rumah Zakat, disalurkan kepada warga Desa Selangit. Untuk pertama ini disalurkan di Dusun 2 Rt. 07/03  terlebih dahulu, sisanya nanti bergantian,” katanya.

Rasito mengatakan, bantuan air bersih yang diberikan Rumah Zakat ini bisa dimanfaatkan oleh lebih dari 100 warga, dan warga pun saling berebutan bergantian mengambil air. “Walaupun bantuan air bersih ini hanya mencukupi kebutuhan sementara waktu, kami merasa gembira dapat merasakan air bersih dan sejuk dari pegunungan ini,” tambahnya.

Relawan Inspirasi Desa Berdaya Rumah Zakat, Anjoyo menyampaikan, kekurangan air sering terjadi di Desa Slangit, terlebih pada musim kemarau ini. Untuk itu dirinya berharap ada bantuan instalasi perpipaan air bersih dari dinas/instansi terkait, dimana saat ini instalasi induk sudah terpasang tinggal menyambungkan ke rumah-rumah warga. (Dede Kurniawan)

Loading Komentar....
loading...