fajarnews

Keraton Kasepuhan Jadi Lokasi Rangkaian HUT ke-50 ASEAN

Redaksi : Andriyana | Rabu, 6 September 2017 | 23:56 WIB

DRI
Sultan Kasepuhan PRA Arief Natadiningrat saat meninjau lokasi pameran foto dan infografis ASEAN di Keraton Kasepuhan, Selasa (5/9)

Fajarnews.com, CIREBON - Keraton Kasepuhan menjadi salah satu lokasi penyelenggaraan rangkaian acara HUT Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) ke 50 Tahun 2017.

Bentuk kegiatan yang digelar Direktorat Kerjasama ASEAN Kementerian Luar Negeri ini yaitu Seminar dan Pameran Diplomasi Indonesia dalam Kerjasama Sosial Budaya ASEAN yang berlangsung di Bangsal Pagelaran Keraton Kasepuhan, Selasa (5/9).

Sultan Kasepuhan, PRA Arief Natadiningrat menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Kementerian Luar Negeri yang melaksanakan kegiatan pameran dan juga seminar ini di Kota Cirebon. Sebab, tidak semua kota di Indonesia diadakan kegiatan peringatan 50 tahun ASEAN.

“Ini merupakan kehormatan bagi warga Cirebon, bagi pemerintah daerah Cirebon didatangi oleh pameran peringatan 50 tahun ASEAN dan juga seminar ASEAN ini,” kata Sultan dalam sambutannya saat membuka acara tersebut.

Sultan berharap, melalui seminar ini bisa memberikan informasi  yang aktual tentang perkembangan ASEAN sekarang maupun ASEAN di masa yang akan datang. Sehingga dengan begitu, masyarakat, khususnya yang ada di wilayah Cirebon mengetahui bagaimana peran serta Indonesia di ASEAN ini.

Dengan adanya pameran dan seminar ASEAN ini, diharapkan juga masyarakat dan pemerintah daerah yang ada di wilayah Cirebon khususnya siap menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN.

“Kita tahu bahwa batas-batas negara ini sudah mulai tidak terlihat lagi, karena sekarang ini untuk di ASEAN tidak lagi menggunakan visa. Bisa tiap hari hilir mudik ke ASEAN. Bahkan sekarang bisa berdagang hilir mudik seperti negara kita sendiri,” kata Sultan.

Acara seminar tersebut menghadirkan beberapa narasumber yaitu Isman Pasya yang merupakan salah satu diplomat senior di Kemenlu. Ia menyampaikan materi dengan tema Perkembangan Isu Sosial Budaya di ASEAN menyongsong Visi ASEAN 2015.

Kemudian DR. Agus Haryanto, narasumber dari Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) yang menyampaikan materi tentang Peran Studi ASEAN dalam Meningkatkan Kerjasama Sosial Budaya.

Juga narasumber dari Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Rulian Hasyim. Acara seminar ini dihadiri puluhan pelajar SMA dan kalangan mahasiswa serta para undangan pejabat pemerintah Kota Cirebon, Bank Indonesia, serta dari beberapa instansi lainnya di Kota Cirebon.

“Mudah-mudahan melalui acara ini seminar ini dan pameran yang akan berlangsung hingga bulan November mendatang dapat memberikan tambahan pengetahuan bagi masyarakat Kota Cirebon,” ujar Isman Pasya.

Menurutnya, masyarakat masih belum merasakan adanya dampak dari keberadaan ASEAN. Jika menyebut ASEAN, kata Isman Pasya, pasti yang ada di benak masyarakat adalah pertemuan para pemimpin ASEAN.

Pameran yang digelar di Keraton Kasepuhan ini menampilkan beragam informasi melalui gambar/foto dan infografis ASEAN. 

“Kami berharap pada rangkaian acara ini tidak hanya mendekatkan ASEAN kepada masyarakat luas, tetapi juga semakin membuat ASEAN bermanfaat nyata bagi kita semua,” ujarnya. (DRI)

Loading Komentar....
loading...