fajarnews

Azis: Kurban Wujud Syukur Atas Nikmat Allah

Redaksi : Fatianto Fadhillah | Sabtu, 2 September 2017 | 09:25 WIB

MH Hidayat
Ribuan warga Kota Cirebon dan sekitarnya memadati pelataran Masjid Raya At Taqwa, Alun-alun Kejaksan serta sebagian Jalan Siliwangi dan Kartini, untuk menunaikan Salat Idul Adha, Jumat (1/9).*

Fajarnews.com, CIREBON - Ribuan umat muslim memadati pelataran Masjid Raya At Taqwa, Alun-alun Kejaksan serta sebagian Jalan Siliwangi dan Kartini, untuk menunaikan Salat Idul Adha, Jumat (1/9).

Tampak turut hadir di antara ribuan jemaah tersebut, Wali Kota Cirebon Nasrudin Azis, Ketua DPRD Kota Cirebon Edi Suripno, sejumlah pejabat eksekutif dan legislatif Kota Cirebon. Khatib Idul Adha dipercayakan kepada Ketua PC NU Kota Cirebon, H Yusuf.

Dalam khutbahnya Yusuf menyampaikan tentang peradaban Islam di masa silam dan masa kini. Dikatakannya, sebelum adanya Islam yang dibawa Nabi Muhammad SAW, umat manusia di dunia dilanda permusuhan dan kebencian antar bangsa, ras, suku dan golongan. Kelompok yang satu memusuhi kelompol yang lain, perbudakan terjadi di berbagai bagian dunia, ras diskriminasi, serta pembagian manusia dengan kasta-kasta.

Dalam kehancuran yang meresahkan itu, lanjut Yusuf, Islam datang dengan konsep ajaran mengenai persamaan hak kemanusiaan yang luhur, tidak ada perbedaan antarapa pun, kecuali dengan takwaan masing-masing individu.

"Islam mengajarkan bahwa kita semua adalah saudara, kita berasal dari jenis yang sama, tidak ada perbedaan antara satu dengan lainnya, kecuali iman dan taqwa," kata Yusuf.

Lebih lanjut Yusuf menyampaikan, ajaran Islam mengarahkan manusia agar mengambil pelajaran dari segala kejadian dan peristiwa yang berada di sekitar.

"Semoga di Idul Adha yang mulia ini, sehabis salat hendaknya berjanji dalam kalbu masing-masing untuk mendarmabaktikan apa yang kita miliki bagi kejayan agama Islam dan kesejahteraan umat manusia secara keseluruhan," tutur Yusuf.

Sementara itu, dalam sambutan sebelum pelaksanaan Salat Idul Adha, Wali Kota Cirebon, Nasrudin Azis mengajak kepada seluruh umat Islam Kota Cirebon, untuk selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan.

“Penyembelihan hewan kurban menjadi bukti rasa syukur kepada Allah SWT. Saya juga menyatakan terima kasih kepada masyarakat yang telah memberikan hewan kurban, hal ini sebagai bentuk saling berbagi kepada sesama,” kata Azis.

Azis berharap, momentum kurban dapat menunjukkan daerah yang lebih baik dan menjadikan Kota Cirebon sebagai kota yang RAMAH (Religius, Aman, Aspiratif dan Hijau).

“Semoga Idul Adha menjunjung nilai kebersamaan dan membuang rasa yang bisa membuat Kota Cirebon menjadi terpuruk,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya pun memohon persetujuan renovasi tempat wudu Masjid At Taqwa yang menjadi kebanggaan masyarakat Kota Cirebon. Pemkot siap menghibahkan anggaran sebesar Rp 1 miliar.

“Atas dasar persetujuan Ketua DPRD Kota Cirebon, Pemerintah Kota Cirebon akan menghibahkan Rp 1 miliar untuk pembenahan tempat wudu Masjid At Taqwa,” ucapnya. (MH Hidayat)

Loading Komentar....
loading...