fajarnews

Aklamasi, Selly Resmi Gantikan Gotas

Redaksi : Fatianto Fadhillah | Sabtu, 2 September 2017 | 09:10 WIB

Suhanan
Selly A Gantina resmi ditetapkan sebagai Wakil Bupati Cirebon pengganti Gotas untuk sisa masa jabatan2014-2019.*

Fajarnews.com, CIREBON - Selly Andriyani Gantina resmi ditetapkan sebagai Wakil Bupati Cirebon setelah terpilih secara aklamasi, dalam rapat paripurna DPRD Kabupaten Cirebon, Kamis (31/8).

Selly menggantikan Tasiya Soemadi Al Gotas yang tersandung kasus korupsi dan telah dinonaktifkan Kemendagri. Ia sebelumnya mengantongi mandat sebagai satu-satunya calon yang direkomendasi oleh DPP PDI Perjuangan.

Proses penetapan yang berlangsung mulus melalui musyawarah dan mufakat fraksi-fraksi yang ada di DPRD Kabupaten Cirebon itu, seakan menunjukkan jika semua penolakan dari kader dan simpatisan Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Kabupaten Cirebon terhadap pencalonan Selly, tidak memiliki pengaruh sama sekali. Selly menyisihkan Predi Fibrina, calon lainnya yang diajukan pihak PDIP untuk memenuhi persyaratan pengajuan dua nama calon wakil bupati.  

Atas keputusan rapat paripurna tersebut, mantan anggota DPRD Provinsi Jawa Barat 2004-2009 dan 2009-2014 itu akan mendampingi Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra untuk sisa masa jabatan2014-2019.

Ketua DPRD, H Mustofa mengaku lega, semua proses pemilihan dan penetapan Wakil Bupati Cirebon pengganti Gotas itu berjalan lancar.

“Setelah menjalani semua proses, DPRD Kabupaten Cirebon bersepakat memilih Ibu Sellly sebagai wakil bupati secara musyawarah mufakat,” kata Mustofa, usai rapat paripurna.

Politisi yang akrab disapa Jimus ini mengatakan setelah proses pemilihan dan penetapan ini beres, tinggal menunggu proses pelantikan saja. Prosesnya pun langsung diajukan ke provinsi dan dilanjutkan ke Kemendragri. Tak lupa Mustofa juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada para anggota DPRD, yang telah menunjukan spirit demokrasi yang sesungguhnya. 

“Insyaallah tidak akan lama proses pelantikan akan dilakukan setelah menunggu surat dari Mendagri,” kata Jimus.

Sementara itu, anggota Fraksi PDI PerjuangaN DPRD Provinsi Jawa Barat asal Kabupaten Cirebon, Bambang Mujiarto, mengatakan pada proses pemilihan wakil bupati itu, PDI Perjuangan mengajukan dua kader terbaiknya, yakni Selly A. Gantina, dan Predi Fibrina.

Ia berharap ke depan wakil bupati harus bekerja maksimal  sesuai harapan masyarakat dan dapat bekerja keras bersama kepala daerah.

“Prosesnya cukup menarik, terlebih dihasilkan dengan cara musyawarah mufakat. Termasuk juga nantinya Bu Selly harus mampu untuk  mengentaskan permasalahan di Kabupaten Cirebon,” kata Bambang.

Ditempat yang sama, Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, Ono Surono yang hadir dalam rapat paripurna tersebut menambahkan, penetapan Selly merupakan sebuah keberhasilan yang sesuai dengan substansi demokrasi, yakni musyawarah mufakat.

“Keberhasilan ini bukan hanya milik PDI Perjuangan atau  Ibu Selly saja, tetapi juga milik masyarakat Kabupaten Cirebon,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Cirebon terpilih, Selly A. Gantina menyatakan komitmennya untuk menyukseskan program-program kerja Pemerintah Kabupaten Cirebon bersama bupati, agar rakyat Kabupaten Cirebon merasakan manfaat dari program-program tersebut.

“Saya akan tetap berkomitmen untuk mewujudkan program-program yang sudah dilegalkan dalam RPJMD yang sudah diperdakan,” kata Selly.

Ia menorehkan sejarah sebagai perempuan pertama yang menduduki jabatan Wakil Bupati Cirebon. Di kepengurusan DPD PDIP Jawa Barat, Selly menduduki posisi Wakil Ketua Bidang Maritim dan Nelayan. Terpilihnya Selly membawa angin segar bagi kaum perempuan di Kabupaten Cirebon, khususnya yang ingin berkiprah di bidang politik. (Suhanan)

Loading Komentar....
loading...