fajarnews

Ribuan Siswa Madrasah Gelar Kemah Bersama

Redaksi : Iwan Surya Permana | Selasa, 29 Agustus 2017 | 13:05 WIB

Sopandi
Bupati Kuningan H. Acep Purnama menyematkan topi pramuka kepada salah satu peserta kegiatan.*

Fajarnews.com, KUNINGAN- Kurang lebih 1.240 pelajar dari 62 Madrasah Tsanawiyah Negeri dan Swasta se-Kabupaten bermukim di Objek Wisata Sidomba.

Acara itu dilaksanakan dalam rangka kemah Pramuka Madrasah  Tsanawiyah Kabupaten Kuningan (PPMK) Tahun 2017, Senin-Rabu, (28-30/8).

Hadir dalam pembukaan acara itu Bupati Kuningan, Kepala Kantor Kementrian Agama Kuningan, Kwarcab Kabupaten Kuningan, para Kwaran, Unsure Muspika Kecamatan Jalaksana, dan seluruh Kepala MTs se-Kuningan, Ketua KKM MI Kuningan, serta Ketua KKM MA Kabupaten Kuningan.

Ketua panitia Nana Nuryatna menerangkan, selain menjadi ajang silahturahim antar anggota Pramuka MTs Se-Kabupaten Kuningan, kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka memberikan pendidikanseluruh anggota Pramuka yang bersifat edukatif, rekreatif,dan  produktif. Kemudian, untuk memberikan kesempatan anggota Pramuka dalam mengembangkan bakat,keterampilan, dan kepemimpinan yang didapat dari gugus depannya masing-masing.

“Ini juga dalam rangka meningkatkan jiwa disiplin, patriotis, memperluas wawasan, memperdalam           pengetahuan, dan menyediakan wadah kegiatan bakti anggota Pramuka kepadamasyarakat,” kata Nana.

Menurutnya, dengan mengangkat tema “Membangun Karakter Kaum Muda Melalui Kegiatan Yang Kreatif, Gembira, Asik dan Keren”, kegiatan itu difokuskan juga untuk membina mental tangguh dan jiwa petualang dengan didasari akhlak mulia sebagai makhluk sosial. Dia berharap, kegiatan itu bisa berajalan lancar dan menghasilkan karakter peserta sesuai harapan.

“Mudah-mudahan seluruh rangkaian acara bisa terselenggara sebagaimana yang direncanakan. Kemudian, apa-apa yang kami maksudkan bisa tercapai dan menghasilkan generasi muda madrasah yang tangguh, bertanggung jawab, dan memiliki karakter yang baik,” tuturnya.

Senada dengan panitia, Bupati Kuningan H. Acep Purnama berharap, di tengah perkembangan teknologi dan kemajuan zaman, kegiatan kepramukaan mampu mencetak generasi muda yang sadar dan memahami baik dan buruk, serta siap bersaing melawan tantangan zaman.

Menurutnya, kegiatan tersebut bisa memacu generasi muda untuk terus kreatif, bertanggung jawab, dan survive dalam menjalani kehidupan.

Karena itu Acep berharap, sesuai tema yang diangkat, para siswa madrasah bisa menjadi pelopor generasi muda Kuningan yang siap hidup di masyarakat tanpa pergaulan bebas, narkoba dan seks bebas.

“Madrasah adalah paduan antara ilmu dan iman. Iptek dan agama. Mudah-mudahan keberadaan madrasah mampu membentengi generasi muda dari pengaruh negative perkembangan zaman,” kata Acep. (Sopandi)

Loading Komentar....
loading...