fajarnews

Lima Mahasiswa Uniku Bangga Belajar di Luar Negeri

Redaksi : Fatianto Fadhillah | Sabtu, 26 Agustus 2017 | 12:45 WIB

Sopandi
Lima Mahasiswa Uniku yang belajar di Malaysia melakukan poto bersama di salah satu tempat yang dikunjunginya.*

Fajarnews.com, KUNINGAN- Lima mahasiswa Universitas Kuningan yang tergabung dalam International Students Exchange Association berkesempatan menimba ilmu di universitas kelas dunia, Universitas Utara Malaysia (UUM). Kelimanya tidak hanya berkesempatan belajar di dalam kelas, tetapi bisa menggunakan segala fasilitas yang ada di kampus tersebut.

Salah seorang peserta UUM International Summer Programme, Nadya Lova menjelaskan, ia terkesan dengan iklim pembelajaran di UUM. Musababnya, UUM tidak hanya menekankan pada pencapaian kualitas pendidikan yang tinggi yang menghasilkan sumber daya manusia berkualitas tapi benar-benar memerhatikan aspek kehidupan nyata. Salah satu yang paling menonjol adalah pendidikan karakter.

“Di UUM pihak kampus sangat memperhatikan iklim belajar yang kondusif guna membentuk pribadi mandiri seperti halnya selogan UUM ‘Budi bakti Ilmu’ yang diimplementasikan dalam pendidikan formal,” ungkap Nadya, belum lama ini.

Pendapat lain hadir dari Vierda selaku peserta lainya,. Ia mengaku terkesan menyaksikan UUM yang memegang aturan Islam dalam berbagai aspek juga banyak dijadikan tempat menimba ilmu bagi banyak mahasiswa non muslim dan agama-agama lain.

“Dengan berbagai fasilitas angg ada, tentunya hal ini menjadi pengalaman tersendiri bagi mahasiswa Uniku yang mungkin menjadi hal yang tak terlupakan sepanjang hayat mereka. Hal ini dilihat dari fasilitas kampus yang tidak hanya menyediakan fasilitas bagi pendidikan tapi juga hiburan, seperti halnya Go-Karts, Pacuan Kuda, lapangan Golf, kolam renang dan lain-lain,” ujar Vierda.

Dia menyebutkan, di hari ketiga, seluruh peserta di bawa menuju kawasan homestay di kawasan Pulau Pisang. Setelah sebelum nya merasakan iklim akademik di kampus UUM, kali ini mereka di berikan pengalaman untuk tinggal bersama keluarga angkat di Malaysia sehingga dapat dengan langsung merasakan hidup di tengah masyarakat Malaysia.

Pada kegiatan foster family seluruh peserta diajak untuk melaksanakan beberapa kegiatan seperti memancing, memasak masakan tradisional, renang dan lain-lain. Semua kegiatan sangat berharga dalam rangka memberikan pengalaman lebih tentang budaya negara tetangga. (Sopandi)

Loading Komentar....
loading...