fajarnews

 Pasar Domba Mulai Ramai Pembeli

Redaksi : Iwan Surya Permana | Sabtu, 26 Agustus 2017 | 10:30 WIB

Munadi
Pasar hewan tradisional di Desa Ligung Lor mulai ramai pembeli jelang Idul Adha.*

Fajarnews.com, MAJALENGKA- Satu pekan menjelang Hari Raya Idul Adha, sejumlah masyarakat di wilayah Ligung mulai menjajakan hewan kurban di pasar setempat. Seperti yang terlihat di pasar domba tradisional Blok Putbar Desa Ligung Lor, Jumat (15/8).

Salah seorang koordinator pasar tradisional, Busaeri (58) mengatakan, penjualan hewan kurban di lahan miliknya tersebut mulai meningkat sejak dua pekan yang lalu.

Meski hanya buka dua kali dalam satu minggu yakni Senin dan Kamis, sudah puluhan masyarakat sengaja menjual kebutuhan hewan kurban.

“Harga hewan kurban variatif mulai dari Rp 3 sampai dengan Rp 4,5 juta. Sedangkan untuk domba betina juga mengalami kenaikan mulai dari Rp1,5 juga sampai Rp 2,5 juta untuk kualitas domba Garut,” tuturnya. 

Busaeri mengaku untuk penjual dan pembeli dikenakan retribusi sebesar Rp 2 ribu masing-masing untuk kedua belah pihak. Itu pun kalau hewan kurbannya terjual. Jadi dalam satu transaksi dirinya mendapatkan tambahan Rp 4 ribu saja, belum termasuk tambahan dari penjual karena menyewa lahannya.

“Yang penting laku saja dulu. Masalah administrasi, saya tidak memberatkan kepada penjual yang memilih tempat dilokasi ini. Karena saya juga melihat bahwa penjual di wilayah ini bukan bandar melainkan pemilik domba yang ingin mencari rezeki di Idul Adha ini,” tandasnya.

Sementara itu, penjual hewan kurban Samsudin mengaku sudah dua minggu lebih ini dirinya sengaja mencari rezeki dengan menjual domba di pasar domba tradisional itu.

“Saya sudah beberapa tahun terakhir ini sengaja berjualan dilokasi pasar ini karena dinilai tidak membebani sewa lahan dari pemilik lokasi tersebut,” katanya. (Munadi)

Loading Komentar....
loading...