fajarnews

Peringati HUT RI ke-72, Pemdes Bantarwaru Gelar Khitanan Massal Terhadap Delapan Anak

Redaksi : Andriyana | Jumat, 18 Agustus 2017 | 15:34 WIB

MUNADI
Delapan anak yang mau di khitan massal diarak terlebih dahulu menaiki Singa Depok

 

Fajarnews.com, MAJALENGKA - Pemerintah Desa Bantarwaru, Kecamatan Ligung menggelar sunatan masal dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72, Kamis (17/8) sore. Sedikitnya delapan anak mengikuti khitanan masal tersebut.

Demi mamanjakan ke 8 anak yang mau dikhitan, Pemdes Bantarwaru sengaja mengundang hiburan Singa Depok untuk  mengarak para calon pengantin sunat. Sejak pagi harinya mereka diarak keliling desa sambil menaiki singa depok menuju lapangan upacara yang berada di Desa Ligung Lor.

Bahkan Kades Bantarwaru H. Sumarno rela menjadi penyanyi pantura dadakan di grup Seni Singa Depok yang ikut mengarak 8 calon pengantin sunat hanya untuk menghibur warganya di HUT RI ke-72 ini.

Ke-8 anak yang di khitan adalah Rehan, Saputra, Maulana, Tio Demawan. Arif, Alif Muhamad Ramdan, Ginan, dan Juhana. Mereka rata-rata berusia antara 4-6 tahun.

Dalam memperingati HUT RI ke-72 disamping menggelar kegiatan sunatan massal, Pemdes Bantarwaru juga menggelar pertandingan bola voli antara blok dan kegiatan yang lainnya.

Kades Bantarwaru, H.Sumarno kepada fajarnews.com menjelaskan, untuk tahun ini kegiatan memperingati HUT RI ke-72 lebih difokuskan ke kegiatan sosial, disamping juga menggelar bola voli antar blok.

"Memperingati HUT RI yang jatuh pada  setiap 17 Agustus ini, salah satunya untuk mengenang dan mendoakan para pahlawan yang telah gugur di medan perang. Dari itu mari kita hindari kegiatan kiatan yang bersifat kurang memberikan efek manfaat kepada masyarakat. Dari itu kegiatan sosial sunatan massal adalah kegiatan yang efeknya sangat dirasakan oleh masyarakat, wabil khusus bagi mereka yang kurang mampu," ujar Sumarno.

Sementara itu, Camat Ligung Yoyo tidak bisa hadir dalam kegiatan khitanan massal yang di gelar Pemdes Bantrawaru, dikarenakan banyak kegiatan yang tidak bisa di tinggalkan. Namun dirinya mengapresiasi atas kinerja yang dilakukan Pemdes Bantrwaru, semoga kegiatan semacam ini bisa ditiru oleh desa desa yang lainnya.

"Selamat kepada anak-anak yang telah dikhitan, semoga kelak dewasa nanti akan menjadi anak yang soleh," kata Yoyo saat dikonfirmasi.

Rasa syukur dan terima kasih disampaikan, Ny Rum warga Blok Mumunggang ini yang juga family dari ananda Juhana yang ikut di khitan. Dirinya merasa senang setelah keponakannya menunaikan salah satu kewajiban bagi anak laki-laki yakni khitan.

"Kami atas nama keluarga mengucapkan terima kasih kepada Pemdes Bantarwaru yang telah mengadakan kegiatan khitanan massal, sehingga keponakan saya bisa ikut dikhitan yang bertepatan dengan hari kemerdekaan," ungkap Rum.

Ditempat berbeda, seusai mengikuti upacara HUT RI ke-72, yang dilaksanakan di lapangan sepak bola Desa Ligung Lor,  tim bola voli Desa Bantarwaru meraih juara 2. Hadiah berupa tropi dan uang pembinaan di serahkan Camat Yoyo dan di terima Langsung oleh kades Bantarwaru.

"Tropi kemenangan ini kami persembahkan buat Pemdes Bantarwaru. Semoga kedepannya prestasi tim bola voli bisa lebih berprestasi lagi," ungkap Danri selaku Ketua Karang taruna Tunas Bangsa.

MUNADI

Loading Komentar....
loading...