fajarnews

Bayi dengan Ari-ari Membusuk Ditemukan di Dalam Septic Tank

Redaksi : Iwan Surya Permana | Selasa, 8 Agustus 2017 | 00:24 WIB

Agus Sugianto
Petugas memberikan penanganan medis pada bayi yang ditemukan warga di bekas septic tank.*

 

Fajarnews.com, INDRAMAYU- Seorang bayi (masih merah) dengan kondisi tidak berbusana ditemukan warga di dalam lubang bekas septic tank di sebuah rumah kosong di Desa Gantar Blok Nambo, Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu, Senin (7/8). Bayi berjenis kelamin laki-laki tersebut diduga sengaja dibuang oleh orang tuanya.

Penemuan bayi malang ini sempat mengemparkan warga sekitar. Pasalnya, dari lokasi ditemukan juga ari-ari korban yang baru lepas yang sudah membusuk dengan luka di bagian kepala sebelah kanan. Bayi itu selanjutnya dibawa polisi ke puskesmas setempat lalu dirujuk ke Rumah Sakit Bhayangkara Indramayu di Losarang untuk mendapatkan penanganan medis.

Keterangan yang berhasil dihimpun fajarnews.com menyebutkan, penemuan bayi di Blok Nambo, Desa Gantar Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu ini berawal saat seorang pelajar bernama Ajay (16)  sedang bermain di sekitar rumah milik Bonih (75) yang lokasinya tidak jauh dari rumah Ajay.

Kemudian dia mencium bau yang tak sedap keluar dari rumah kosong yang tidak ditempati. Karena penasaran, dia masuk rumah dan mendapati sumber aroma dari septic tank yang tidak terpakai dan bagian atasnya sudah terbuka.

Rupanya Ajay terkejut karena dilihatnya di samping benda yang menebarkan bau itu ada sesosok bayi yang masih hidup.

Ia kemudian memberitahukan penemuan itu ke Elan Suherlan (39), warga setempat. Elan pun segera mendatangi lokasi dan selanjutnya memberitahukan pula kepada warga lain.

Puluhan warga setelah mendapatkan kabar mendatangi lokasi karena penasaran. Dan ternyata benar ada bayi berjenis kelamin laki-laki tanpa busana dengan luka di kepalanya.

Sebagian warga kemudian melaporkan penemuannya kepada petugas di Mapolsek Gantar. Polisi pun lalu mendatangi lokasi hingga membawa bayi malang itu kepada seorang bidan puskesmas untuk mendapatkan pertolongan pertama. 

Kapolres Indramayu AKBP Arif  Fajarudin melalui Kasubag Humas Ajun Komisaris Heriyadi MD didampingi Kapolsek Gantar Inspektur Dua Saefulah membenarkan perihal penemuan bayi tersebut.

Menurutnya, pihaknya sudah melakukan langkah-langkah strategis termasuk mengevakuasi bayi tersebut dari dalam lubang bekas septic tank di sebuah rumah kosong.

"Setelah ditemukan bayi tersebut kemudian diberikan pertolongan pertama oleh bidan setempat, selanjutnya bayi tersebut dibawa ke Puskesmas Haurgeulis dan dirujuk ke RS Bhayangkara untuk penanganan kesehatan lebih lanjut," ungkapnya.

Dikatakannya, pihak kepolisian saat ini sedang melakukan penyelidikan siapa pembuang bayi malang tersebut. Bahkan jajarannya juga telah meminta keterangan dari beberapa saksi guna pendalaman.

Sebelumnya, kejadian serupa juga terjadi di Indramayu. Bayi malang berjenis kelamin laki-laki ditemukan warga di pos ronda belakang RSUD Indramayu dekat praktik dokter kandungan jalan MT Haryono Desa/Kecamatan Sindang, Kabupaten Indramayu, Rabu (26/7/2017) pukul 06.30 WIB.

Saat ditemukan, bayi yang dibungus kain ini masih hidup dengan tali pusar masih menempel. Dan bayi itu kini dalam perawatan rumah sakit setempat. (Agus Sugianto)

Loading Komentar....
loading...