fajarnews

Koalisi Cirebon Maju Deklarasikan Diri Dukung Petahana

Redaksi : Iwan Surya Permana | Selasa, 8 Agustus 2017 | 09:50 WIB

Hasan Hidayat
Ketiga ketua partai yang tergabung dalam KCM menunjukkan surat kesepakatan koalisi.*

 

Fajarnews.com, CIREBON- Partai Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) resmi mendeklarasikan Koalisi Cirebon Maju (KCM) di salah satu hotel berbintang di Jalan Cipto Kota Cirebon, Senin (7/8).

KCM sepakat untuk mendukung petahana yakni Nasrudin Azis, kembali maju dalam Pilkada serentak 2018. Mereka pun bersepakat dan melakukan deklarasi mengusung figur bakal calon dengan menetapkan petahana.

Dalam kesepakatan tersebut terdapat sejumlah poin penting yang intinya adalah mengusung Nasrudin Azis untuk kembali maju dalam helatan Pilkada mendatang. 

Mengingat, dengan gabungan tiga partai yang memang telah memenuhi kuota untuk mengusung bakal calon minimal 7 kursi di DPRD itu telah memenuhi syarat.

Ketua DPD PKS Kota Cirebon,  Karso mengatakan, dibuatnya komitmen KCM merupakan sebuah gagasan dan gerakan yang memang harus  memiliki wadah.

Sehingga, pihaknya berkomitken dengan akan kembali mengusung nama Nasrudin Azis untuk meneruskan tahta kepemimpinan wali kota periode 2018-2023.

"Kami bekoalisi dengan tujuan mencari calon pemimpin di Pilkada mendatang. Sehingga, dengan telah terbentuknya KCM ini tentu menyiapkan kendaraan yang permanen sebagai prinsip mengusung Pak Azis untuk kembali maju," kata Karso kepada awak media usai deklarasi.  

Senada, Ketua DPC PKB Kota Cirebon, Suyogo mengatakan,  hasil kajian dan pertimbangan internal partai sendiri yang mengarah kepada sosok Petahana dinilai memiliki kelebiham tersendiri. Sehingga, PKB berminat untuk gabung dalam koalisi tersebut dengan melakukan gerakan yang terwujud dalam KCM. 

"Pak Azis adalah sosok yang rendah diri. Insyaalah, Beliau akan kembali amanat dalam melanjutkan kepemimpinan di kota wali ini," ungkapnya. 

Sementara itu, Nasrudin Azis yang notabene sebagai Ketua DPC Demokrat Kota Cirebon mengapresiasi penunjukan dirinya untuk kembali maju dalam Pilkada.  Langkah selanjutnya, kata Azis, masing-masing partai akan menindaklanjuti  dengan melaporkan ke DPD/DPW ataupun ke DPP hasil dari koalisi yang telah dibuat. 

Azis mengatakan, dasar melakukan koalisi yang dibangun dan telah dibentuk tersebut terdapat sejumlah kesamaan dan memiliki niat membangun Kota Cirebon lebih maju.

Bukan hanya itu, ketiga partai juga memiliki kesamaan visi dan misi mencari pemimpin yang berakhlak dan mengayomi masyarakat Kota Cirebon. 

 "Setelah menjalin komunikasi intens akhirnya kami deklrasikan ketiga partai ini bersatu dalam KCM. Yang mendasari adalah memiliki kesamaan visi dan misi membangun Kota Cirebon yang lebih maju," kata Azis.  

Namun demikian, kata Azis,  pihaknya sendiri masih memberikan peluang besar bagi partai lain gabung di dalam KCM. Baginya dalam dinamika politik kesempatan apapun selalu ada dan terbuka lebar, namun yang terpenting 

koalisi yang terbangun harus bisa berdampak lebih baik bagi warga Kota Cirebon. "Siapa saja silakan, pintu terbuka lebar buat partai lain bergabung, kami berikan kesempatan siapa saja," pungkasnya. (Hasan Hidayat)

 

 

 

Loading Komentar....
loading...