fajarnews

Sanggar Tari Topeng Mimi Rasinah Bakal Tampil di Jepang

Redaksi : Iwan Surya Permana | Selasa, 8 Agustus 2017 | 10:15 WIB

Agus Sugianto
Duta Tari Yayasan Sanggar Tari Topeng Mimi Rasinah foto bersama Wakil Bupati Indramayu usai pelepasan.*

Fajarnews.com, INDRAMAYU- Pemerintah Kabupaten Indramayu bersama Pertamina EP melepas duta tari Yayasan Sanggar Tari Topeng Mimi Rasinah yang dijadwalkan akan tampil di Negara Jepang. Mereka akan mengikuti Sanriku International Art Festival yang digelar di negara tersebut. 

Pelepasan itu berlangsung di Pendopo Indramayu yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Indramayu, H Supendi, Senin (7/8). Dalam kesempatan itu pula turut hadir PT Pertamina EP Jatibarang Field Manager Herman Rachmadi, Jatibarang Legal & Relation Asst. Manager R.Ery Ridwan, serta dari Pemerintah Kabupaten Indramayu Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Kebudayaan dan Pariwisata Indramayu, H. Odang Kusmayadi.

Wakil Bupati Indramayu, H. Supendi berpesan kepada para rombongan yang berangkat ke Jepang untuk terus melestarikan dan menghargai budaya Indramayu khususnya tari topeng. Supendi memberikan apresiasi kepada PT Pertamina EP Jatibarang Field karena telah mendukung salah satu budaya Indramayu untuk tampil di kancah internasional. 

"Kami atas nama Pemda Indramayu mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PT Pertamina EP yang telah mendorong tari topeng Indramayu hingga sampai ke internasional," kata Supendi.

Sementara itu, Asst. Manager Jatibarang Legal & Relation  R.Ery Ridwan mengatakan, keberangkatan mitra binaan CSR Jatibarang Field ke Jepang ini adalah untuk memenuhi undangan dari Japan Foundation dalam rangka program pertukaran kebudayaan.

Adapun yang akan berangkat mengikuti Sanriku Art Festival yaitu 10 orang terdiri dari empat orang penari anak-anak, dan enam orang nayaga atau penabuh gamelan. Termasuk Aerli Rasinah cucu maestro tari topeng Mimi Rasinah.

 "Rencana keberangkatan mulai besok (hari ini) hingga 15 hari ke depan keliling kota-kota di Jepang di antaranya kota Aomori dan Iwata," ungkapnya.

Diperoleh keterangan, rencananya duta tari berangkat pada Selasa (8/8) malam. Rombongan akan didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Indramayu H. Odang Kusmayadi dan Kepala Seksi Kebudayaan Dinas Pemuda Olahraga dan Kebudayaan dan Pariwisata Indramayu Asep Ruchiyat. (Agus Sugianto)

Loading Komentar....
loading...