fajarnews

Danrem Tutup Kegiatan TMMD Ke-99

Redaksi : Fatianto Fadhillah | Kamis, 3 Agustus 2017 | 07:30 WIB

Abdurrakhman
Komandan Resort Militer 063 Sunan Gunung Jati Cirebon Kolonel Infanteri Veri Sudidjanto dan Wakil Bupati H .Karna Sobahi menutup kegiatan pelaksanaan TNI Manunggal Masuk Desa ke -99.*

Fajarnews.com, MAJALENGKA- Komandan Resort Militer (Danrem) 063/Sunan Gunung Jati Cirebon Kolonel Infanteri Veri Sudidjanto, dan Wakil Bupati Majalengka H. Karna Sobahi menutup kegiatan pelaksanaan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-99 Kodim 0617 Majalengka, Rabu (2/8) di Desa Lemahputih, Kecamatan Lemahsugih, Kabupaten Majalengka.

Penutupan TMMD yang dilaksanakan selama 30 hari ditandai dengan penandatanganan berita acara, demontrasi silat, pagelaran seni dan budaya, senam massal, peninjauan tenda baksos dan bazar.

Danrem SGJ Kolonel Infanteri Veri Sudidjanto mengatakan, dalam TMMD pada sasaran non fisik itu telah dilakukan pelatihan dan pemahaman bela negara, penyuluhan hukum dengan tujuan meminimalisir tindak kriminal dan penyalahgunaan narkoba.

"Sasaran utama yang dicapai dalam TMMD ini ingin membantu pembangunan daerah baik pembangunan secara infrastruktur maupun karakter masyarakat agar tumbuh kembali nasionalismenya,"katanya.

Sasaran yang ingin dicapai ketahanan wilayah agar masyarakat mampu mencegah dan mendeteksi dini dalam menangkal ancaman radikalisme yang akan membuat persatuan dan kesatuan negara ini retak

"Terima kasih kepada Pemkab Majalengka atas kepercayaan kepada kami. Saya harap Pemkab juga dapat meningkatkan perannya terutama dalam sumbangan dana, agar peran TNI dalam pemberdayaan masyarakat bisa lebih maksimal,"ungkapnya.

Wakil Bupati Majalengka H. Karna Sobahi pada kesempaatn itu mengatakan, TNI manunggal telah menumbuhkan kebersamaan antara TNI dan masyarakat. Karena itu pihaknya mengucapkan terima kasih kepada jajaran TNI yang telah membangun dan memberdayakan masyarakat.

"Kedepan harus ditingkatkan lagi, agar kekompakan antara TNI dan masyarakat lebih intensif dan menonjol," katanya.

Sementara itu Komandan Kodim (Dandim) 0617 Majalengka, Letkol (Inf) Rama Pratama menjelaskan, selama pelaksanan TMMD telah diselesaikan dua buah Rutilahu, perbaikan jalan sepanjang 1.900 M, pembuatan jembatan penghubung desa 5 meter x 1.5 meter. Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga telah melakukan perbaikan saluran irigasi, rehab musholla ukuran 5 x 5 meter beserta sound system dam kegiatan pelatihan yang menumbuhkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat Desa Lemahputih, Kecamatan Lemahsugih, Kabupaten Majalengka.

"Alhamdulillah semua giat fisik dan non fisik seusai target. Saya ucapkan terimakasih kepada masyarakat setempat, Pemkab Majalengka, mahasiswa dan semua elemen lainnya yang terlebit. Semoga bermanfaat masyarakat Desa Lemahputih pada khususnya," tegas Rama.

Damdim menyebutkan, kegiatan TMMD dilakukan selama 30 hari. Dimulai sejak Selasa, 7 Juni hingga 2 Juli 2017.Selama pelaksanaan pihaknya bekerjasama dengan beberapa instansi diantaranya BMCK, PSDAPE, BPMPD dan Polres.

"Kodim keluarkan dana yang besar kegiatan TMMD, kami juga mendapat sumbangan dari Pemkab Majalengka dan Pemprov Jawa Barat untuk kegiatan ini,” ungkapnya.

Sedangkan personel yang telah diterjunkan selama TMMD tambahnya masing-masing dari TNI AD, Arhanudse Cirebon, TNI AU, Dansatgas jumlahnya lebih dari 150, serta tim dari dinas kabupaten dan Polres 25 orang, serta dari Satkowil, Satpur dan Banpur 4 SST sebanyak 110 orang.

Camat Lemahsugih, Deden mengatakan, pihaknya mengkodirnasikan kegiatan tesebut dengan pihak Desa Lemahputih, bahkan sudah mempersiapkan sumberdaya manusianya. “Kami sudah siapkan untuk acara ini, kami juga siapkan produk asli Lemahsugih, baik makanan dan kerajinan lainnya,” tuturnya. (Abdurrakhman)

Loading Komentar....
loading...