fajarnews

Warga Desa Lurah Antusias Ikuti Pemilihan Ketua RW 03 

Redaksi : Iwan Surya Permana | Minggu, 30 Juli 2017 | 14:06 WIB

Iwan
Panitia Pemungutan Suara Pemilihan Ketua RW 03 Desa Lurah tengah menghitung surat suara.*



Fajarnews.com, CIREBON- Pesta demokrasi sepertinya tidak hanya identik dengan Pilkada,  Pileg,  Pilpres ataupun pemilihan kepala desa. Ternyata itu juga berlaku untuk pemilihan ketua RW.  Hal ini seperti yang dilakukan masyarakat RW 03 Desa Lurah,  Kecamatan Plumbon,  Kabupaten Cirebon,  Minggu (30/7). 

Ratusan masyarakat antusias untuk menyukseskan pesta demokrasi ini dengan mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) sejak pukul 07.00 WIB.

Layaknya pemilihan umum,  pada pesta demokrasi tingkat RW ini pun,  ada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) juga saksi dari masing-masing calon. Ada tiga calon dalam pemilihan Ketua RW 03 ini, yakni nomor urut 1 Wahidin,  nomor urut 2 Ediyono dan nomor urut 3 Doni.  

Ketua Panitia Pemilihan Ketua RW 03, Abdul Ghoni menuturkan jika pihaknya telah menyiapkan penyelenggaraan pemilihan ketua RW ini sejak sebulan lalu. 

Abdul Ghoni mengaku bersyukur karena tingkat partisipasi warga cukup tinggi.  Hal itu terbukti dengan banyaknya surat suara yang masuk hingga 502 suara.  

“Kita ingin memberikan pembelajaran kepada masyarakat akan pentingnya berpartisipasi dalam pemilu.  Alhamdulillah target ini tercapai karena lebih dari 75 persen warga RW 03 datang ke TPS untuk memberikan hak suaranya,” ungkap Abdul Ghoni yang merupakan Lebe Desa Lurah ini. 

Iwan
Saksi dari masing-masing calon mencatat hasil perolehan suara.*

Dia menambahkan,  melalui pesta demokrasi ini,  pihaknya ingin menunjukkan bagaimana pemungutan suara berjalan secara transparan karena semua masyarakat menyaksikan langsung prosesnya dari mulai pemungutan hingga penghitungan suara.  

“Kami berharap siapa pun yang jadi bisa benar-benar mengabdi pada masyarakat, dan bisa melayani masyarakat secara tulus, “ katanya. 

Sementara Kuwu Desa Lurah,  Masnam mengapresiasi penyelenggaran pemilihan ketua RW dengan menggunakan TPS ini. Hal tersebut,  kata dia,  menunjukkan kekompakan warga dalam memilih pemimpin.  

“Memang aturannya, pemilihan ketua RW ini terlebih dahulu dengan musyawarah. Kalau tidak ketemu baru melalui voting.  Tapi masyarakat RW 03 lebih memilih menggunakan TPS,  ini bagus jadi lebih transparan, “ ujarnya. 
Dia berharap,  ketua RW terpilih bisa menjalankan amanat warga dan bisa melayani masyarakat dengan sebaik mungkin. 

Pantauan fajarnews.com, pada pemilihan Ketua RW 03 tersebut,  calon nomor urut 1 mendapat 157 suara,  nomor urut 2 sebanyak 194 suara dan nomor urut 3 sebanyak 145 suara dengan 6 suara tidak sah.  Dengan begitu,  Ediyono terpilih jadi Ketua RW 03 Desa Lurah menggantikan Damira yang meninggal dunia. (Iwan) 

Loading Komentar....
loading...