fajarnews

Desa Pabuarankidul Terus Perbaiki Infrastruktur

Redaksi : Iwan Surya Permana | Rabu, 19 Juli 2017 | 12:25 WIB

Nawawi
Kuwu Desa Pabuarankidul Rusnadi Iyus (bertopi) bersama perangkat desa setempat saat memantau pembangunan.*

 

Fajarnews.com, CIREBON- Hampir seluruh infrastruktur jalan lingkungan Desa Pabuarankidul Kecamatan Pabuaran Kabupaten Cirebon pada tahun 2017 ini selesai dilakukan perbaikan.

Bahkan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Pabuarankidul tahun 2017, pemdes membangun jalan baru sebagai akses penghubung pemukiman warga.

Kuwu Desa Pabuarankidul Rusnadi Iyus kepada fajarnews.com, Selasa (18/7) memaparkan, dalam APBDes 2017 telah merancang sejumlah pembangunan infrastruktur seperti  perbaikan jalan lingkungan desa  dengan anggaran sekitar Rp 318 juta.

Kemudian Pembangunan jalan baru dari pembangunan gorong-gorong, plat decker sampai pengaspalan dengan anggaran Rp 150 juta.

Rabat beton jalan gang di semua Dusun sejumlah Rp. 305 juta, pengadaan dan perbaikan sarana sanitasi dan kesehatan lingkungan sebesar Rp 103 juta, rehab ruang perangkat desa sebesar Rp 100 juta, perbaikan tempat ibadah sebesar Rp 36 juta serta pembangunan gapura sebesar Rp 35 juta.

“Sumber dana dari Dana Desa (DD) dan Bantuan Gubernur (BanGub) serta ADD. “jelasnya.

Ditambahkannya, selain pembangunan infrastruktur, pihaknya juga melakukan penganggaran untuk pemberdayaan masyarakat seperti pengembangan posyandu, poskesdes, dan polindes dengan anggaran sekitar Rp 84 juta, Peningkatan pendidikan madrasah sebesar Rp 28 juta, serta pemberdayaan lainnya yang total keseluruhannya pada tahun ini pemdes Pabuarankidul menganggarkan sebesar Rp 167 juta.

“Seluruh pembanguna yang dilaksanakan dengan melibatkan masyarakat desa sebagai tenaga pelaksana pembangunan, sehingga selain mereka bisa bekerja mereka juga bisa ikut mengawasi dan menjaga hasil pembangunannya.” papar Iyus.

Lebih lanjut Iyus menjelaskan, di tahun 2018 setelah selesainya infrastruktur terutama jalan dan saluran pembuangan serta lainnya, pihaknya akan beralih konsentrasi pada perbaikan ruang pelayanan masyarakat.

Dimana kantor balai desa setempat akan direhab dibangun tempat pelayanan masyarakat yang memadai, selain itu juga untuk sarana dan prasaran kesehatan masyarakat.

Pihaknya pada tahun 2018 juga akan menganggarkan pembelian mobil siaga untuk operasional pelayanan kesehatan masyarakat.

“Pada tahun 2018 mendatang kita merencanakan rehab ruang pelayanan masyarakat agar lebih nyaman serta pembelian kendaraan operasional kesehatan masyarakat,” harapnya. (Nawawi)  

Loading Komentar....
loading...