fajarnews

Masyarakat Kecamatan Ligung Sepakat Dukung Akreditasi Puskesmas

Redaksi : Andriyana | Selasa, 18 Juli 2017 | 00:10 WIB

MUNADI
Camat Ligung Drs Yoyo bersama muspika yang lain membubuhkan tanda tangan sebagai bentuk dukungan agar Puskesmas Ligung terakreditasi

Fajarnews.com, MAJALENGKA - Masyarakat yang ada di wilayah Kecamatan Ligung sepakat mendukung agar puskesmas yang ada di wilayahnya masuk dan terdaftar akreditasi.

Sebagai bentuk dukungan pada Senin (17/7) berbagai elemen masyarakat mulai dari Muspika, para Kepala UPTD, para Kades dan tokoh masyarakat yang lainnya hadir dan memberikan dukungan di kegiatan penggalangan dukungan yang di gelar di halaman puskesmas.

Mereka yang hadir membubuhkan tanda tangan di kain kanpas putih. Hal ini dilakukan sebagai bentuk dukungan terhadap puskesmas agar masuk dan terdaftar akreditasi.  

Kepala Dinas Kesehatan Majalengka melalui Kabid Pelayanan Sekunder Ucu Supriatna, yang turut hadir dalam acara tersebut menjelaskan, mulai sekarang seluruh puskesmas harus terakreditasi. Tujuannya agar pelayanan kepada masyarakat benar benar memuaskan.

"Untuk mencapai puskesmas terdaftar di akreditasi di perlukan dukungan dari semua pihak, dari mulai masyarakat, pejabat di wilayahnya sampai kepada pihak internal itu sendiri. Di samping itu pula ada tahapan tahapan yang harus di lalui oleh puskesmas itu sendiri," ujarnya.     

Jadi kalau nantinya salah satu puskesmas tidak lolos akreditasi, maka puskesmas itu tidak bisa menerima para pasien BPJS, karena pihak BPJS tidak akan mencairkan dana tersebut, kalau demikian nanti yang dirugikan adalah masyarakat itu sendiri.

"Untuk menentukan lolos tidaknya puskesmas itu terakreditasi, nanti akan ada tim penilai yang independen yang di tunjuk oleh pemerintah yaitu  Komisi Akriditasi Pasilitas Kesehatan Tingkat Pertama dari pusat," ujar Kabid Ucu.   

Dijelaskannya bahwa dalam penilaian itu nantinya puskesmas bisa masuk akreditasi Dasar, Madia, Utama atau Paripurna. Semakin tinggi puskesmas meraih akreditasi maka semakin tinggi pula kepercayaan masyarakat terhadap puskesmas tersebut.   

Sedangkan Camat Ligung Drs Yoyo, dalam sambutannya menyambut baik dan mendukung sepenuhnya Puskesmas Ligung terakreditasi. Karena wilayah Kecamatan Ligung sangat luas dan padat penduduknya serta keberadaannya tidak jauh dari BIJB Kertajati, yang tentunya menginginkan pelayanan kesehatan yang aman dan nyaman.

"Kami dari unsur Muspika sangat mendukung dan siap mengawal Puskesmas Ligung masuk daftar akreditasi. Bahkan kalau bisa puskesmas ligung masuk  terkreditasi paripurna," tegas Camat Yoyo.   

Sementara itu Kepala Puskesmas Ligung Endang Triana merasa optimis bahwa puskesmas yang dipimpinnya masuk dan terdaftar akreditasi. Pihaknya merasa yakin bisa terwujud,  untuk mengarah ke arah sana pihaknya akan terus membenahi sarana dan prasarana yang ada di Puskesmas Ligung, baik UGD, tempat parkir, tempat ibadah dan yang lainnya akan mulai di benahi.

Di samping itu juga pihaknya akan terus bekerja sama dengan instansi yang lain. "Kami sangat optimis puskesmas ligung terakreditasi, karena semua pihak sangat mendukung. Untuk mencapai tujuan akan terus membenahi baik sarana maupun prasarana termasuk juga akan membenahi manajemen," imbuh Kapus Endang.   

Seusai melaksanakan kegiatan, seluruh elemen masyarakat secara sukarela menorehkan tanda tangan di atas kain kanpas putih sebagai bentuk dukungan, yang nantinya akan di serahkan ke dinas terkait.

MUNADI

 

Loading Komentar....
loading...