fajarnews

Opang Siap Makmurkan Masyarakat Kabupaten Cirebon

Redaksi : Iwan Surya Permana | Senin, 17 Juli 2017 | 12:00 WIB

Suhanan
Bacabup dari Partai Gerindra, H Moh Sofyan meminta doa restu kepada para penonton wayang kulit indrakila di bangsal Keraton Kasepuhan untuk maju di pilkada 2018.*

 

Fajarnews.com, CIREBON- Bakal Calon Bupati (Bacabup) Cirebon dari Partai Gerindra, H Moh Sofyan (Opang) meminta dukungan kepada para tamu undangan  di acara Pargelaran Wayang Kulit di Bangsal Keraton Kasepuhan Cirebon, Sabtu (15/7).

Mantan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Cirebon  itu secara terbuka minta doa restu untuk maju di Pilkada Kabupaten Cirebon tahun 2018 mendatang. 

“Kenapa saya mengadakan pargelaran wayang kulit Indrakila, bagan si api api di Keraton Kasepuhan, supaya majunya saya sebagai Bacabup dari Partai Gerindra ada gaungnya,” kata Opang sapaan akrab Sofyan yang juga sebagai  Ketua Panitia Ruwatan Wayang Kulit.

Menurutnya, acara yang digelar ini bagian upaya serta komitmen dirinya dalam melestarikan budaya dan kesenian tradisional  di Cirebon.

Ketika terpilih nanti menjadi Bupati Cirebon 2018 mendatang pihaknya akan komitmen dalam melestarikan kesenian dan budaya lokal.

“Meski pun acara wayang kulit ini digelar di Keraton Kasepuhan Cirebon, tapi ada juga bagian masyarakat Kabupaten Cirebon yang hadir di acara ini. Artinya, keseriusan saya maju di pilkada Kabupaten Cirebon mempunyai gaung sampai ke Kota Cirebon,” ujarnya. 

Dikatakannya, semua aspek akan menjadi perhatiannya bila amanah itu diberikan kepadanya, baik itu sektor pendidikan, kesehatan, sosial, ekonomi.

Sebagai mantan birokrat yang telah mengabdi selama 30 tahun di kabupaten Cirebon, ia mengaku tahu apa yang dibutuhkan masyarakat Kabupaten Cirebon. ”Saya siap untuk memakmurkan dan mensejahterakan masyarakat Kabupaten Cirebon,” katanya.

Dia menambahkan,  tujuan diadakan acara wayang kulit ini mengeksploitasi dan mengeksporasi aspek arkelogi serta sosialisasi budaya Cirebon yang merupakan salahsatu aset bangsa tak ternilai harganya.

Adapun goal setting acara ruwatan Indrakila dan bagan si api api merupakan suatu grand design ekonomi warisan leluhur. 

“Bagan si api api ini mempunyai makna pelabuhan yang menyala-nyala. Artinya, pelabuhan Cirebon ini akan menjadi sentral perdagangan niaga. Ini adalah regulasi yang sangat besar dan akan berkorelasi secara signifikan kepada pertumbuhan ekonomi Cirebon. Sedangkan makna dari Indrakula adalah taman surga loka. Itu adalah taman wisata bertaraf internasional yang akan segera hadir di Cirebon,” pungkasnya. (Suhanan)

Loading Komentar....
loading...