fajarnews

KPU Nilai Jabar Lebih Siap Gelar Pilkada Serentak

Redaksi : Fatianto Fadhillah | Senin, 17 Juli 2017 | 08:25 WIB

Irwan Gunawan
Komisioner KPU RI Korwil Jawa Barat, Viryan Azis diwawancarai wartawan saat melakukan monitoring persiapan Pilkada Jawa Barat 2018 di Kantor KPU Jabar.*

Fajarnews.com, BANDUNG- Jawa Barat dinilai lebih siap untuk menggelar kontestasi politik lima tahunan pada 2018 mendatang jika dibandingkan dengan provinsi lain yang sama-sama menggelar Pilkada serentak.

 “Satuan anggaran relatif efisien dan telah selesai penandatanganan NPHD (Naskah Perjanjian Hibah Daerah) dengan provinsi Jawa Barat,” ujar Komisioner KPU RI Korwil Jawa Barat, Viryan Azis saat melakukan monitoring persiapan Pilkada Jawa Barat 2018 di Kantor KPU Jabar, kemarin.

Bahkan, kata Viryan, di Jawa Barat ada program yang bisa menjadi inovasi dan bisa ditiru oleh KPU provinsi lain. Misalnya, pemilu akses yang mana KPU Jawa Barat berupaya untuk membangun TPS supaya ramah disabilitas.

Program tersebut, dinilai Viryan, sangat baik untuk meningkatkan angka partisipasi disabilitas. “Saya dukung penuh program tersebut dan mudah-mudahan bisa ditiru oleh KPU lain,” tambahnya.

Selain melakukan monitoring, Viryan juga menyampaikan regulasi terbaru terkait pemilihan. Seperti kita ketahui, saat ini ada lima aturan dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU).

“Kami minta teman-teman melakukan persiapan koordinasi aspek teknis penyelenggaraan di KPU kota/kabupaten,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua KPU Jabar, Yayat Hidayat menyatakan, pihaknya sangat siap untuk menggelar Pilkada serentak 2018 nanti.

"Meskipun anggaran dan jumlah penduduk terbesar,  tapi kami telah menandatangani NPHD sementara daerah lain belum,"  katanya.

Dengan telah ditandangananinya NPHD, lanjutnya, persiapan untuk melakukan tahapan lebih matang karena tidak lagi memikirkan anggaran. (Irwan Gunawan)

Loading Komentar....
loading...