fajarnews

Hari Ini, 62 Desa di Majalengka Adakan Pilkades Serentak

Redaksi : Iwan Surya Permana | Sabtu, 15 Juli 2017 | 07:15 WIB

 

Fajarnews.com, MAJALENGKA- Sebanyak 62 desa yang tersebar di 26 kecamatan di Kabupaten Majalengka hari ini akan melakukan pemilihan kepala desa.

Pemilihan yang dilakukan secara serentak tersebut akan dilakukan oleh warga pemilik suara di bloknya masing-masing.

Menurut Kepala Bagian Pemerintahan Setda Majalengka, Rahmat Gunandar, dalam pelaksanaan pilkades serentak, Pemerintah Kabupaten Majalengka hanya sebagai fasilitasi. Sedangkan pelaksananya dilakukan langsung oleh panitia yang sudah dibentuk oleh masing-masing desa.

“Dalam Pilkades ini kami hanya menjadi fasilitator serta memonitor guna memastikan pelaksanaan Pilkades berjalan sesuai koridor serta peraturan perundangan yang berlaku,” katanya, Jumat (14/7).

Rahmat optimis pelaksanaan Pilakdes serentak tahun ini akan berjalan dengan baik. Selain persiapan yang optimal, Pemkab juga memiliki pengalaman menggelar Pilkades serentak pada tahun 2015 yang berlangsung aman dan lancer, pada saat itu ada 127 desa yang melakukan pemilihan kepala desa secara bersamaan.

“Persipan sudah dilakukan sebaik mungkin,kita harapkan Pilkades serentak tahun ini juga berjalan dengan baika, aman, dan lancar,” harapnya.

Ia menambahkan, untuk kelancaran serta suksesnya penyelenggaraan pilkades,Pemkab memberikan support anggaran pada semua desa yang mencapai Rp22 juta hingga Rp38 juta. Jumlah bantuan didasarkan pada banyaknya jumlah hak suara pemilih di desa bersangkutan.

“Bantuan yang diberikan  berupa banrang atau logistik pilkades, seperti kertas suara,ATK yang jumlahanya tergantung pada jumlah hak pilih,” jelasnya.

Sementara itu Kapolres Majalengka, AKBP Mada Roostanto menegaskan,pihaknya siap untuk melakukan pengamanan pelaksanaan Pilkades  serentak yang akan berlangsung di 62 desa.

“Kita siap untuk mengamankan Pilkades yang akan dilaksanakan secara serentak pada Sabtu besok,” tegasnya.

Menurut kapolres,pihaknya juga telah mengidentifikasi dan memetakan potensi kerawanan yang mungkin muncul, sehingga bisa dicegah dan diantisipasi sejak dini.

Selain itu,juga dilakukan  pendekatan  pada semua pihak, mulai aparatur desa, calon  dan tim suksesnya serta warga masyarakat.

“Kita himbau pada semuanya agar bersama-sama menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat dengan tetap menjaga kerukunan dan kebersamaan,” tuturnya. (Abdur Rakhman) 

Loading Komentar....
loading...