fajarnews

KAPMI DI Yogyakarta Bakal Adakan GKR ke-7 di Indramayu

Redaksi : Iwan Surya Permana | Kamis, 13 Juli 2017 | 21:32 WIB

Agus Sugianto
Keluarga Pelajar dan Mahasiswa Indramayu (KAPMI) D.I Yogyakarta akan menyelenggarakan Gelar Kesenian Rakyat (GKR) ke-7.*

 

Fajarnews.com, INDRAMAYU- Keluarga Pelajar dan Mahasiswa Indramayu (KAPMI) D.I Yogyakarta kembali akan menyelenggarakan Gelar Kesenian Rakyat (GKR) ke-7 Lembaga Semi Otonom (LSO) Sanggar Seni pada 11-13 Agustus  2017 mendatang di halaman Balai Desa Tugu, Kecamatan Sliyeg, Kabupaten Indramayu.

Gelar Kesenian Rakyat (GKR)  ini , merupakan suatu rangkaian acara untuk menampilkan segala jenis sisi lain dari Indramayu, yaitu kesenian, kebudayaan, makanan tradisional bahkan suatu hal yang bersifat magis. 

"Pada kegiatan GKR ke-7 kali ini, Sanggar Seni Kerikil ingin membuat konsep berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, pasalnya tidak hanya kesenian yang seyogyanya akan ditampilkan, namun juga akan ada festival band, karnaval drumband, bazar makanan tradisional, donor darah, jalan santai, dan masih banyak bentuk kegiatan lainnya," ungkap Febri Hari Natoro, Rabu (12/7).

Dikatakanya, GKR ke-7 ini akan mengusung tema “Lestari Budayaku di Bumi Wiralodra”. Tema ini direpresentasikan dengan adanya pertunjukan Sampyong dari Desa Tugu sebagai jawara Sampyong tingkat nasional sekaligus sebagai tuan rumah, yang sebenarnya kesenian ini sudah sangat sulit ditemukan. 

"GKR ke-7 akan dimeriahkan dengan berbagai pagelaran seni yang langsung ditampilkan oleh kreatifitas mahasiswa Indramayu yang studi di Yogyakarta, di antaranya berokan, sintren, tari topeng, dan tarling. Selain itu, juga akan dimeriahkan oleh seniman daerah dari sanggar Asem Gede yang menampilkan Tari Randu Kentir, Genjiring Akrobat dari Bulak, dan Tari Rudat dari Krasak Jatibarang," ungkapnya.

Ia menambahlan, pada GKR ke-7 kali ini, selain menampilkan pertunjukan dari sanggar Seni Kerikil KAPMI DIY, dan sanggar seni lainnya di daerah juga akan melibatkan para pegiat seni daerah, Dewan Kesenian Indramayu (DKI), Bupati Indramayu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Indramayu, Dinas Pemuda dan Olahraga Indramayu, Dinas Pendidikan Indramayu, dan khususnya para alumni yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Alumni Pelajar dan Mahasiswa Indramayu (IKAPMI) D.I. Yogyakarta, serta para stakeholder lainnya. 

"Ini agar semua pihak dapat mengapresiasi lokal wisdom yang ditampilkan dan juga sebagai upaya meningkatkan gairah pariwisata Indramayu," pungkasnya. (Agus Sugianto)

Loading Komentar....
loading...