fajarnews

Baliho Balonbup Mulai Bermunculan

Redaksi : Fatianto Fadhillah | Jumat, 7 Juli 2017 | 08:15 WIB

Fajarnews.com, KUNINGAN- Suasana menjelang Pilkada tahun 2018 semakin terasa. Sejumlah foto dan baliho Bakal Calon Bupati Kuningan mulai bemunculan. Tidak hanya dihiasi wajah-wajah lama, sejumlah pendatang baru pun ikut mewarnai.

Masing-masing foto dan baliho bakal calon (balon) itu dilengkapi dengan jargon-jargon yang berbeda. Berikut simbol-simbol yang dibuatnya menghiasi senyum politis di setiap baliho. Baik yang dipasang di kendaraan umum, papan reklame, maupun sosial media.

“Tapi tidak ada yang istimewa. Semua balon, hanya memasang foto sambil tersenyum dilengkapi jargon. Muatan ide dan gagasan kongkrit yang ditawarkannya masih kosong,” kata Pengamat Muda Kuningan, Akhdiat Biqi Sudrajat kepada “fajarnews.com”, Kamis (6/7).

Mungkin ada tahapan khusus yang sedang dilalui seluruh bakal calon dan ada waktu tertentu yang disiapkan untuk menyampaikan ide serta gagasan khasnya masing-masing. Tetapi menurut Biqi, alangkah baiknya kalau visi misi kongkrit bisa disampaikan sejak dini. Seperti tentang potensi besar Kabupaten Kuningan, seharusnya sudah dikemas secantik mungkin sebagai pola marketing politik unggulan para bakal calon.

“Selain akan menarik perhatian dan dukungan masyarakat sejak awal. Pola ini akan membuang stigma yang sudah melekat bahwa para bakal calon hanya berlomba menghambur-hamburkan uang,” tuturnya.

Menurut aktivis Kuningan yang pernah duduk sebagai Ketua Umum HMI Cabang Gorontalo ini, pola politik epektif dan efisien harus mulai dimulai oleh para balon bupati yang notabene calon pemimpin umat dan masyarakat. Menurutnya, pola-pola kampanye yang dilakukan harus sarat akan muatan penting bagaimana mencerdaskan dan menjadi tauladan masyarakat.

“Sebagai generasi muda sekaligus warga Kuningan, kami butuh sosok pemimpin atau politikus yang altruis. Yaitu, mereka yang lebih mementingkan kepentingan orang lain dan mengedepankan nilai-nilai fundamental daripada perang baligo menghambur-hamburkan uang,” katanya.

Peluang Kandidat Sama Besar

Biqi yang juga pengurus DPD KNPI Kuningan ini menilai, Pilkada 2018 akan jauh berbeda dari tahun 2013. Menurutnya, peluang yang sama akan dimiliki oleh seluruh bakal calon, baik wajah lama maupun pendatang baru. Adapun posisi petahana, walaupun memiliki keunggulan tetapi tidak begitu besar.

“Maka sebaiknya para balon sudah mulai menghimpun data terkait peta potensi Kuningan. Baik tentang potensi ekonomi, pertanian, wisata, maupun yang lainnya. Jangan sampai masyarakat bingung dan para balon tidak bisa menjawab,” pungkasnya. (Sopandi)

Loading Komentar....
loading...