fajarnews

Eratkan Silaturahmi dengan Masyarakat, Keraton Kacirebonan Gelar Open House

Redaksi : Andriyana | Senin, 26 Juni 2017 | 22:00 WIB

DRI
Warga masyarakat, keluarga dan kerabat keraton beberapa saat jelang dibukanya acara open house di Keraton Kacirebonan, Senin (26/6)

Fajarnews.com, CIREBON – Keraton Kacirebonan menggelar acara Open House pada hari kedua lebaran Idul Fitri 1438 H, Senin (26/6). Acara yang berlangsung dari jam 9 pagi sampai 11 siang itu dibanjiri warga masyarakat yang datang untuk bersilaturahmi dengan Sultan. Acara itu juga dihadiri keluarga dan para kerabat keraton.

Sultan Kacirebonan, Abdul Ghani Natadingrat mengatakan, acara ini rutin digelar setiap momen lebaran. Melalui momentum ini Sultan berharap dapat terjalin  silaturahmi yang lebih erat dengan masyarakat.

"Kami membuka silaturahim kepada masyarakat di momen lebaran ini. Kami kepada masyarakat mengucapkan Minal Aidin Walfaizin, Mohon Maaf Lahir dan Bathin,” kata Sultan Abdul Ghani kepada fajarnews.com disela kegiatan open house, Senin (266).

Chaidir, salah satu kerabat keraton mengatakan, dirinya datang ke acara open house ini untuk bersilaturahmi dengan Sultan. Ia juga melakukan silaturahmi ke semua keraton di Cirebon yang selalu rutin dilakukan pada momen lebaran.

“Saya tadi pagi ke Keraton Kasepuhan, kemudian dilanjut ke Kacirebonan, besok ke Kanoman, ya sebagai keluarga, karena semua keraton-keraton di Cirebon ini kerabat semua dari orang tua saya,” ungkapnya.

Menurutnya, keberadaan keraton juga nampaknya masih sangat dihormati oleh masyarakat. Terbukti, kata dia, dengan banyaknya warga masyarakat yang bersilaturahmi dengan Sultan pada acara open house ini.

“Artinya masyarakat Cirebon masih tidak jauh-jauh dari tradisi yang ada. Tradisinya tentu tradisi yang diwarisi oleh para leluhur Cirebon yaitu tradisi silaturahmi. Harapannya mudah-mudahan ini bisa kita lestarikan sebagai satu nilai kearifan lokal yang menjadi salah satu kekuatan dari daerah kita,” ujarnya. (DRI)

Loading Komentar....
loading...