fajarnews

Polres dan Pemkab Majalengka Gelar Pasukan Operasi Ramadniya Lodaya 2017

Redaksi : Andriyana | Selasa, 20 Juni 2017 | 00:36 WIB

MUNADI
Polri dan Pemkab Majalengka menggelar apel siaga untuk pengamanan arus mudik dan balik

Fajarnews.com, MAJALENGKA - Kepolisian Resort Majalengka bersama Pemkab Majalengka menyelenggarakan gelar pasukan Operasi Ramadniya Lodaya 2017 di Alun Alun Majalengka, Senin (19/06).

Bupati Majalengka, Dr H. Sutrisno,SE.M.Si, dalam sambutannya mengatakan, apel gelar pasukan ini merupakan wujud dalam rangka persiapan menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1438 H dan juga sebagai bentuk konsolodasi pengecekan sarana dan prasarana menjelang persiapan pelaksanaan pengamanan agar masyarakat dapat melaksanakan hari raya dengan aman.

"Melalui apel gelar pasukan operasi ramadiyana 2017, kita tingkatkan sinergi Polri dengan instansi terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Idul Fitri 1438 H," ungkap Bupati Sutrisno.
    
Selain itu, menurutnya, kegiatan pengamanan pada tahun ini juga setidaknya ada 3 poin penting yang menjadi atensi yakni, terjaganya stabilitas harga pangan dan menjaga kondusif kamtibmas serta kelancaran arus mudik dan arus balik.
     
Sementara itu, menurut Kapolres Majalengka, AKBP Mada Roostanto,SE.MH, operasi Ramadniya Lodaya 2017 ini akan dilakukan selama 16 hari.

"Operasi dalam rangka pengamanan kegiatan Idul Fitri 1438 Hijriah tersebut dilaksanakan selama 16 hari, dari 19 Juni sampai dengan 4 Juli 2017," kata Kapolres.
   
Menurut AKBP Mada, operasi pengamanan mudik/balik tersebut, selain mengerahkan ratusan personil Kepolisian, operasi ini juga didukung oleh TNI, Dishub, Satpol PP, Dinas Kesehatan, BPBD, Poljar, PKS, Pramuka, dan intansi maupun lembaga lainnya.

"Puncak arus mudik kami perkirakan terjadi pada H-4 yakni dari tanggal 22 Juni, 23 Juni, dan 24 Juni. Sedangkan puncak arus balik terjadi pada H+3 lebaran," terang Kapolres.
    
Sementara jalur pemudik bagi masyarakat yang akan melintas ditatar sunda Kabupaten Majalengka, menurut Kapolres, sudah menjadi prioritas utama pengamanan oleh pihak Kepolisian.

"Pengamanan ekstra selain yang akan dilakukan di jalur dalam Kota Majalengka, juga dilakukan di jalur Tol Cipali dan kami juga akan membuka posko kesehatan mudik," imbuh AKBP Mada.
    
Sedangkan bagi masyarakat yang ingin melakukan mudik lebaran, Kapolres juga mengingatkan agar memastikan rumah dalam kondisi terkunci sebelum pergi dan seluruh alat elektronik dimatikan.

"Kalau rumah dalam keadaan kosong saat akan ditinggalkan mudik, lebih baik terlebih dahulu melaporkan ke RT/RW maupun ke Bhabinkamtibmas setempat, agar pihak Kepolisian dapar mengawasi maupun Patroli atau bisa juga dititipkan ke keluarga atau kepada orang kepercayaan anda," himbaunya.

Karena menurut AKBP mada, gangguan Kamtibmas yang paling banyak terjadi selama musim mudik tahun lalu adalah pencurian disertai kekerasan di rumah kosong.

"Oleh karena itu, kami meminta seluruh pihak untuk bersama sama menjaga keamanan dan bagi masyarakat yang akan mudik, berhati hatilah dan jangan kebut kebutan. Karena keluarga anda menanti di rumah untuk bersilahturahmi," pungkasnya.

MUNADI

Loading Komentar....
loading...