fajarnews

Pantura Indramayu Mulai Dipadati Pemudik Sepeda Motor

Redaksi : Iwan Surya Permana | Senin, 19 Juni 2017 | 09:25 WIB

Agus Sugianto
Sejumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor mulai terlihat memadati jalan Pantura Indramayu pada H-7 Lebaran, Minggu (18/6).*

 

Fajarnews.com, INDRAMAYU- Memasuki H-7 Lebaran, jalan Pantura Kabupaten Indramayu mulai dipadati ratusan pemudik yang menggunakan sepeda motor, Minggu (18/6).

Para pemudik tersebut, sengaja memilih berangkat lebih awal untuk menghindari kemacetan di jalur pantura yang biasa terjadi setiap puncak arus mudik.

Pantauan fajarnews.com di Persimpangan Pilangsari, Kecamatan Jatibarang, ratusan kendaraan motor sudah mulai terlintas di jalur pantura tersebut. Para pemudik dengan tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur itu, melintas dengan kecepatan tinggi (di atas 80 km/jam).

Kebanyakan pengendara sepeda motor itu berangkat pagi atau malam hari, guna menghindari teriknya sinar matahari. Para pemudik sepeda motor yang memilih mudik lebih awal tersebut, kebanyakan para pedagang dan pekerja proyek di Jakarta dan sekitarnya.

Salah seorang pemudik asal Kabupaten Cilacap, Ahmad Fauzi (31) mengaku memilih mudi lebih awal dengan alasan untuk menghindari kemacaetan dan kepadatan kendaraan pada arus mudik nanti.

“Biasanya kalau mendekati mendekati H-5 volume kendaraan tinggi, sehingga laju kendaraan tersendat. Kalau sekarang ini kan masih lancar,” kata Fauzi.

Namun, ia mengeluhkan kondisi jalan di sepanjang jalur pantura yang bergelombang dan banyak berlubang. Menurutnya, meski arus lalu lintas di jalur pantura sendiri masih lengang, namun kondisi jalan bergelombang dan banyaknya lubang di jalan cukup menggangu para pengguna kendaraan roda dua.

"Masih ada sejumlah jalan yang bergelombang. Namun karena belum padat oleh para pemudik yang lainnya sehingga kami bisa menjalankan kendaraan dengan kecepatan tinggi. Meski begitu kami terlihat harus berhati-hati, " ujarnya.

Menurutnya, di sepanjang jalan ia kerap mendahului atau didahului sesame pemudik yang didominasi menggunakan sepeda motor.

"Kalau kami merasa capek, kami singgah di tempat istirahat yang disediakan polisi. Saya tadi juga istirahat di rest area Jembatan Timbang Losarang," katanya.

Diperkirakan volume kendaraan pemudik sepeda motor yang hendak berlebaran di kampung halaman yang menggunakan di jalur pantura Iakan terus mengalami peningkatan hingga H-2 mendatang. (Agus Sugianto)

Loading Komentar....
loading...