fajarnews

1.050 Personel Gabungan Diterjunkan pada Ops Ramadniya 2017

Redaksi : Iwan Surya Permana | Sabtu, 17 Juni 2017 | 09:10 WIB

Agus Didi
Kapolres Cirebon Kota, AKBP Adi Vivid menjelaskan sistem buka tutup untuk mengurai simpul kemacetan arus mudik, saat menggelar Latihan Pra Operasi (Lat Pra Ops) Ramadniya 2017, yang dilaksanakan di Hotel Zamrud, Kota Cirebon, Jumat (16/6).*

 

Fajarnews.com, CIREBON- Kapolres Cirebon Kota, AKBP Adi Vivid Agustiadi Bachtiar menegaskan, persiapan Operasi Ramadniya 2017 telah mencapai 90 persen.

Pihaknya hanya tinggal melaksanakan tahap berikutnya, yakni pendirian pos pam, pos yan dan pos terpadu pada H-7, Minggu (18/6) besok.

Hal itu dikemukakan Adi saat menggelar Latihan Pra Operasi (LatPraOps) Ramadniya 2017, yang dilaksanakan di Hotel Zamrud, Kota Cirebon, Jumat (16/6).

Lat Pra Ops Ramadniya 2017 yang dihadiri puluhan anggota Kepolisisan, kepala dinas perhubungan,jasa marga dan dinas-dinas terkait lainnya tersebut, dimaksudkan untuk menyamakan persepsi dan mengecek kesiapan anggota, dalam memahami tugas pokoknya masing-masing.

“Kita tadi juga mengadakan kegiatan Tactical Floor Game (TFG), dimana tadi masing-masing Kapos Pam. Saya kasih pertanyaan dan menjelaskan tugas-tugasnya dengan simulasi khusus, misalnya terjadi kemacetan apa yang akan dilakukan dan ditindaklanjuti.Tadi sudah dipahami semua,” kata Adi.

Ia mengaku persiapan telah selesai dan hanya tinggal melaksanakan tahap berikutnya. “Kami siap mulai dari pergelaran kendaraan bermotor kemudian sekarang latpra ops dan ditambah TFG, sudah berjalan dengan lancar,” jelasnya.

Pihaknya juga telah menyiapkan antisipasi titik kerawanan yang terjadi, apabila ada pengalihan arus ataupun buka tutup tol.Tiga titik yakni di bundaran Kedawung, Kanggraksan dan Kalijaga, merupakan tiga titik yang mendapat perhatian khusus pihaknya.

Namun, lanjutnya, jalur di tengah kota juga akan terjadi simpul-simpul kemacetan yang diakibatkan oleh meningkatnya masyarakat yang hadir di pusat-pusat perbelanjaan.

Menurut Adi, pasukan yang dikerahkan untuk setiap pos itu tergantung dari jenis posnya. Untuk pos di Mundu, jelasnya, sekitar 20 orang dari Polres dengan sistem shift dan ada 20 anggota Brimob yang akan ditempatkandi rest area.

“Kemudian di pos depan Pertamina 20 personel dan di Pos Terpadu Seltim dekat terminal Harjamukti sebanyak 20 anggota. Dan total keseluruhan pasukan yang akan kita sebar dari polres sekitar 700 personel, ditambah dari instansi luar sekitar 350 personel, jadi totalnya ada 1.050 personel yang terlibat dalam Ops Ramadniya ini,”jelasnya.

Ia menegaskan, siap mengawal arus mudik agar dapat berjalan dengan lancar aman dan nyaman. Ia juga mengimbau kepada petugas untuk menyiapkan fisik dan mental dalam menghadapi Ops Ramadniya 2017, tersebut. (Agus Didi)

 

 

 

Loading Komentar....
loading...