fajarnews

Pemdes Melakasari Konsentrasi Perbaiki Jalan Lingkungan

Redaksi : Iwan Surya Permana | Sabtu, 17 Juni 2017 | 12:00 WIB

Nawawi
Pelaksanaan pembangunan di Desa Melakasari, Kecamatan Gebang.*

 

Fajarnewscom, CIREBON- Pada tahap awal pencairan Dana Desa (DD) tahun 2017, Pemerintah Desa Melakasari, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon mengonsentrasikan pembangunan infrastruktur jalan lingkungan desa.

Hal itu baik jalan poros maupun jalan gang dengan target seluruh jalan harus dihotmix demi kenyamanan masyarakat.

Pejabat Kuwu Desa Melakasari, Mulyono kepada fajarnews.com, Jumat (16/6) menjelaskan, dirinya selaku pejabat kuwu sifatnya hanya mengawal pelaksanaan pembangunan yang sudah dirancang Pemdes Melakasari diawal tahun.

Menurutnya, alokasi anggaran DD tahap awal diprioritaskan untuk menghotmix seluruh jalan lingkungan desa.“Saat ini kita konsentrasikan dulu dijalan gang yang ada diseluruh Dusun di Desa Melaksari,” paparnya.

Dijelaskannya, pada DD tahap awal dialokasikan anggaran sebesar Rp 507.530.500,00- untuk pembangunan dan perbaikan jalan lingkungan desa.Sementara sisanya Rp 100 juta dialokasikan untuk pembangunan saluran irigasi dengan membangun Tembok Penahan Tanah (TPT) disepanjang jalan poros desa.

“Jalan poros desa dengan lebar sekitar 4 meter dengan total panjang keseluruhan sekitar 3 kilometer akan kita lakukan hotmix juga secara bertahap mengingat uasnya dimensi jalan yang haruis diperbaiki,” terang Mulyono.

Lebih lanjut Mulyono juga menjelaskan, bahwa ditahun 2017 ini Desa Melakasari selain menganggarkan untuk pembangunan dan perbaikan jalan lingkungan desa, pada DD tahap kedua pemdes menganggarkan untuk pengadaan sarana dan prasara kesehatan.

Dalam hal ini akan dialokasikan untuk pembelian mobil siaga desa untuk pelayanan kesehatan masyarakat, serta pembangunan sarana dan prasara ibadah serta pembangunan sarana sanitasi dan kebersihan lingkungan. “Pada DD tahap 2 kita mengalokasikan untuk pengadaan mobil siaga desa,” pungkasnya. (Nawawi)

Loading Komentar....
loading...