fajarnews

Mahasiswa Muhammadiyah Gelar Ngabuburit Kenalkan Budaya

Redaksi : Irwan Gunawan | Sabtu, 17 Juni 2017 | 00:57 WIB

Sopandi/FC
Mahasiswa yang Tergabung dalam IMM dan HIMA di STKIP Muhammadiyah poto bersama usia kegiaan di Masjid Desa Kalapagunung.*


Fajarnews.com, KUNINGAN-Mahasiswa yang tergabung dalam Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah dan Hima Dikbastrada STKIP Muhammadiyah Kuningan menggelar ngabuburit bareng sambil mengenal budaya bertajuk "Nyukcruk Galur Sunah Rosul, Nincak Tapak Saré'at Islami, Mapay Sakur Lulurung Karuhun"

“Selama dua hari ini Alhamdulillah kegiatan kami mendapat apresiasi dan sambutan positif dari warga. Baik pemerintah desa, DKM, karangtaruna, ikatan remaja masjid, maupun dari warganya,” kata Dede Sartika selaku Ketua PK IMM didampingi Reyzki Adi Fauzi selaku Ketua Hima, di alun-alun Desa Kalapagunung, Jumat (16/6).

Menurutnya, acara kebudayaan itu kali pertama dilaksanakan PK IMM dan Hima Dikbastrada. Selama dua hari, pihaknya mengenalkan ragam permainan tradisional seperti ayang-ayanggung, enggrang, oray-orayan, bakiak, bekel, gasing panggal dan congklak.

Selain jenis permainan, pihaknya juga mengenalkan alat musik tradisional, mulai dari kacapi, karinding, celempung, dan lain sebagainya.

“Selain IMM dan Hima, kami juga kerjasama dengan Sawirahma, Komunitas Karinding Mandara Wulung, Pemerintahan Desa Kalapagunung, DKM Desa Kalapagunung, IRMAS, dan Karang Taruna Desa Kalapagunung,” tuturnya.

Atas kegiatan itu, Kepala Desa Kalapagunung Aef Saefudin menyambut baik inisiatif mahasiswa yang tergabung dalam PK IMM dan Hima Dikbastrada STKIP Muhammadiyah. Pihaknya menyambut hangat bersama DKM, Karang Taruna dan masyarakatnya. (Sopandi)

Loading Komentar....
loading...