fajarnews

Polres Indramayu Cor Ratusan U-Turn Ilegal

Redaksi : Iwan Surya Permana | Sabtu, 17 Juni 2017 | 12:25 WIB

Agus Sugianto
Polres Indramayu melakukan pengecoran pada U-turn illegal yang dianggap mengganggu para pemudik.*

 

Fajarnews.com, INDRAMAYU- Sebanyak 214 putaran arah (U turn) ilegal yang terletak di 68 kilometer Pantura Kabupaten Indramayu oleh jajaran Satlantas Polres Indramayu dicor dan dibeton secara permanen.

Penutupan ratusan U-turn ilegat tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan arus  kendaraan pada saat mudik lebaran.

“Ada sekitar 214 yang tidak berizin dari jumlah keseluruhan 241 U-turn yang dicor dan dibetonisasi permanen di sepanjang jalur Pantura Kabupaten Indramayu dan 27 U-turn yang dibuka,” ungkap Kapolres Indramayu, AKBP Arif Fajarudin melalui Kasatlantas, AKP Asep Nugraha, Jumat (16/6).

Menurutnya, pengecoran U-turn ini dilakukan mengingat banyak warga yang menggunakan U-turn illegal yang dapat menghambat arus lalulintas dan menimbulkan kemacetan pada saat arus mudik dan balik Idul Fitri mendatang.

Adapun penutupan 214 putaran arah tersebut, kata Asep, dilakukan mulai dari perbatasan Subang hingga perbatasan Cirebon.

Tujuannya agar tidak dirusak sehingga petugas menutup 214 putaran arah dengan menggunakan material semen dan batu. Hal ini untuk mengurangi kendaraan yang memutar arah karena dianggap sebagai salah satu penyebab kemacetan dan kecelakaan pada arus mudik lebaran nanti.

"Ratusan U-turn ini kerap mengakibatkan terjadinya kecelakaan karena warga yang menggunakan U-turn untuk memutar arah. Untuk itu, kami akan menindak tegas kepada warga yang melanggar aturan lalulintas di jalur mudik lebaran  demi kelancaran para pemudik yang hendak merayakan lebaran di kampung halamannya," katanya.

Sementara pada 27 putaran arah yang dibuka terdapat pada sejumlah tempat pengisian bahan bakar (SPBU), dan rest area dengan jarak per dua kilometer.

Aparat kepolisian setempat pun akan menindak tegas pemudik atau warga lokal yang melanggar aturan lalulintas di jalur mudik lebaran. Selain pemasangan U-turn, petugas juga memasang tolo-tolo dan barier di sepanjang pasar tumpah Pantura Indramayu ini.

Hal itu untuk mengurangi angka kecelakaan dan kemacetan. Dikatakanya, selain melakukan pengecoran di puluhan titik, pihaknya juga akan menyiagakan tim pengurai kemacetan yang akan dikerahkan di sepanjang jalur utama Pantura Indramayu.

Termasuk juga di pasar-pasar tumpah, seperti di Sukra, Patrol, Eretan, Parean, Cilet, Kertasemaya, Jatibarang, Bangkir serta Karangampel. "Kita lakukan cor secara permanen ini menyusul banyaknya median jalan yang dibongkar warga yang kemudian digunakan sebagai fasilitas putar arah," pungkasnya. (Agus Sugianto)

Loading Komentar....
loading...