fajarnews

Menjelang Arus Mudik, Dishub Majalengka Mulai Pasang RPPJ

Redaksi : Andriyana | Jumat, 16 Juni 2017 | 00:17 WIB

MUNADI
Petugas Dishub Kabupaten majalengka sedang memperbaiki rambu rambu lalu lintas dan PJU menjelang arus mudik lebaran

Fajarnews.com, MAJALENGKA - Menjelang arus mudik dan balik lebaran tahun ini, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Majalengka, menambah Rambu Pendahulu Petunjuk Jalan (RPPJ). Dalam beberapa hari kedepan penempatan serta pemasangan rambu tersebut secepatnya rampung.

"Maksimalnya bisa digunakan pemanfaatannya pada H-10 lebaran. Artinya semua sarana petunjuk jalan ini bisa terpasang keseluruhan disejumlah titik," kata kepala Dishub Majalengka, Yusanto Wibowo, belum lama ini.

Dia menyebutkan, tahun ini ada tambahan pemasangan RPPJ. Dari tahun lalu sebanyak 155 rambu, tahun ini ada tambahan 51 rambu menjadi 206 rambu yang akan dipasang sejumlah titik baik dijalur protokol Majalengka hingga jalur alternatif.

Pemasangan alat kelengkapan lalu lintas atau yang biasa disebut rambu portabel ini, ditempatkan di beberapa titik prioritas diantaranya, perempatan Kadipaten, Bunderan Cigasong dan Munjul, Perempatan Prapatan atau Panjalin, Pertigaan Jatiwangi serta di wilayah selatan yakni Cikijing dan Talaga hingga perbatasan Kuningan dan Ciamis.

Dijelaskan Yusanto, RPPJ itu berisi tulisan petunjuk jalan, rambu-rambu jalan seperti dilarang masuk, petunjuk arah menuju suatu lokasi, kota/provinsi tujuan mudik, hingga petunjuk tempat-tempat vital bagi pemudik. Serta pada lokasi lainya yang direkomendasi oleh Satlantas Polres Majalengka.

"Pemasangan disejumlah titik tersebut bersifat insidentil yang sesuai dengan kelancaran lalu lintas. Penunjuk jalan ini berguna untuk membantu menunjukan arah bagi setiap pemudik yang melintas di sepanjang jalur utama maupun jalur alternatif di Kabupaten Majalengka," jelasnya.

Sebelumnya, rambu-rambu permanen telah dipasang di beberapa titik rawan kemacetan untuk menunjukan petunjuk arah jalur alternatif. Adapun petunjuk jalan lainnya yang baru di pasang ini agar pemudik bisa mengambil keputusan untuk menghindar dari lokasi titik kemacetan.

Antisipasi guna memperlancar juga pihaknya telah menempatkan rambu penunjuk jalan dengan memasang puluhan RPPJ di jalur alternatif yang mengarah ke wilayah Kertajati serta interchange tol Cipali.

“Pemasangan di jalur alternatif tersebut sebagai antisipasi pengalihan kepadatan arus lalu lintas ketika terjadi di tol Cipali. Adapun wilayah selatan yang sebelumnya sudah terpasang beberapa diantaranya diperbatasan serta daerah barat juga perbatasan Kabupaten Sumedang,” paparnya

Disamping itu, RPPJ juga dibuat berbeda dengan rambu biasa. Dimana dalam RPPJ, cat yang digunakan untuk menuliskan penunjuk arah, dipakai cat yang bisa mengkilap jika tersorot cahaya.

Dengan demikian, rambu tersebut bisa dilihat dengan baik oleh para pemudik meski malam hari dan dalam kondisi gelap. “Kami sudah menyiapkan RPPJ sebagai kesiapan Operasi Ramadaniya untuk kelancaran dan ketertiban saat arus mudik beberapa hari kedepan,” tandasnya.

MUNADI

Loading Komentar....
loading...