fajarnews

Hari Donor Sedunia, PMI Majalengka Dibanjiri Pendonor

Redaksi : Andriyana | Kamis, 15 Juni 2017 | 23:25 WIB

ABR
Meski bulan puasa, pendonor yang tergabung dalam Freedom Fight Global (FFG) tetap mendorkan darahnya untuk membantu sesama

Fajarnews.com, MAJALENGKA - Puluhan pendonor Rabu (14/6) malam, tepatnya usai shalat tarawih mendatangi kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Majalengka.

Kedatangan para pendonor yang tergabung dalam Freedom Fight Global (FFG) sengaja datang ke kantor PMI untuk melakukan donor darah,dalam rangka hari donor darah sedunia setiap tanggal 14 Juni.

Petugas Kesehatan PMI, Silfia mengatakan, mereka sengaja dating pada malam hari, karena para pendonor tidak dibolehkan mendonorkan darahnya pada saat sedang berpuasa.Karena itulah pengambilan darah dilakukan pada malam hari atau setelah minimal satu jam setelah berbuka puasa.

Menurutnya melakukan donor darah di bulan puasa tidak akan menggangu kesehatan atau dibolehkan asalkan hal itu dilakukan setelah berbuka, atau minimal satu jam setelah makan, lebih bagus dua jam setelah makan.

Hal itu untuk menghindari livermik,yaitu gejala yang biasanya kadar unsur kolesterolnya akan meningkat setelah makan. Dan itu berbahaya jika dipaksakan mendonor. Atau perut dalam kondisi lapar, itu juga berbahaya karena akan membuat si pendonor lemas.

“Kami sangat menyambut baik kedatangan pndonor yang tergabung dalam FFG yang tetap melakukan donor darah meski di bulan Ramadhan,” katanya.

Petugas Lab PMI , Istiqomah menjelaskan, kadar hemoglobin atau oksigen dalam darah yang baik untuk pendonor itu minimal berkukuran/kadar 12,5 gram persen, maksimal 17 gram. Pihaknya menggunakan metode HB kuffersulfat. 

"Sebelum mendonor, meskipun sudah sering atau rutin donor, tetap harus diperiksa dulu. Salah satunya kandungan HB. Setelah tekanan darah dan berat badan minimal 45 kilogram," terangnya.

Sementara itu kordinator Freedom Fight Global (FFG) wilayah Majalengka, Tati Castiah mengaku senang dan berterima kasih terima kasih karena di hari donor sedunia ini pihaknya dapat mengajak para pendonor untuk menyumbangkan darahnya.

“Kami merasa bersyukur pada hari darah sedunia ini dapat mengajak masyarakat untuk mendonorkan darahnya untuk membantu orang-orang yang kekurangan darah di rumah-rumah sakit,” ucapnya. (ABR)

Loading Komentar....
loading...