fajarnews

Baznas Jabar Targetkan Himpun Zakat Rp 230 Miliar

Redaksi : Fatianto Fadhillah | Rabu, 14 Juni 2017 | 08:25 WIB

Irwan Gunawan
GUBERNUR JABAR, Ahmad Heryawan mendaftarkan diri dan keluarganya membayar zakat di Gedung Sate melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jabar yang secara simbolik diterima Ketua Baznas Jabar, Arif Ramdani.*

Fajarnews.com, BANDUNG- Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan dan Wakil Gubernur Jabar, Deddy Mizwar secara bersamaan mendaftarkan diri dan keluarganya membayar zakat di Gedung Sate melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jabar.

Hal itu dilakukan dalam acara Gerakan Sadar Zakat, menuju Kebangkitan Zakat di Jawa Barat, di Aula Gedung Sate Bandung, Selasa (13/6).

"Saya mendaftarkan 13 orang anggota keluarga saya, yang terdiri dari saya dan istri, anak-anak dan pembantu," ujar Aher.

Menurut Aher, zakat adalah salah satu program Allah untuk pemerataan harta. Konsepnya sangat jelas asal dan peruntukannya. Lanjutnya, zakat juga memiliki konsep peningkatan kesejahteraan yang jelas. Yang saat ini penerima zakat, diharapkan tahun berikutnya menjadi pemberi zakat.

"Itu konsep peningkatan kesejahteraan umat. Diharapkan yang tahun ini menjadi penerima zakat, lalu karena ekonominya meningkat maka tahun-tahun berikutnya menjadi wajib zakat atau pemberi zakat," ungkap Aher.

Aher berharap dengan Gerakan Sadar Zakat itu, semua wajib zakat atau Muzakki, bisa terus bertambah dari tahun ke tahun.

Sementara, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jawa Barat menargetkan untuk bisa menghimpun zakat fitrah, zakat mal, infak dan sedekah selama Bulan Suci Ramadhan 1438 Hijriah/2017 Masehi Rp 230 miliar.

"Tahun kemarin selama bulan Ramadhan kami berhasil mengumpulkan dana sebesar 217 miliar rupiah dari zakat fitrah, zakat mal, infak dan sedekah. Tahun ini kami targetkan bisa meningkat yakni mengumpulkan sekitar 230 miliar rupiah dari zakat fitrah, zakat mal, infak dan sedekah selama Bulan Suci Ramadhan," kata Ketua Baznas Provinsi Jawa Barat, Arif Ramdani.

Ditemui usai menghadiri acara Gerakan Sadar Zakat Menuju Kebangkitan Zakat di Jawa Barat, di Gedung Sate, Arif mengatakan potensi zakat di Provinsi Jawa Barat sangat besar yakni mencapai Rp 17,6 triliun.

"Menurut seorang peneliti Dr. Irfan Syauqi Beik, ahli ekonomi Islam, potensi zakat di Jawa Barat itu terbesar di Indonesia, yakni mencapai Rp 17,6 triliun. Kalau potensi se-Indonesia sekitar Rp 217 triliun," ucapnya.

Akan tetapi, kata dia, yang bisa tergali dari potensi tersebut masih kecil karena pada tahun 2016 kemarin Baznas Provinsi Jawa Barat hanya mampu mengumpulkan dana sekitar Rp 500 miliar dari zakat, infak dan sedekah. (Irwan Gunawan)

Loading Komentar....
loading...