fajarnews

Antisipasi Kelangkaan, Pemkab Majalengka Ajukan Tambahan Kouta Gas 3Kg

Redaksi : Andriyana | Minggu, 11 Juni 2017 | 23:44 WIB

ABR
Mengantisipasi kelangkaan selama puasa hingga Lebaran Pemkab Majalengka meminta penambahan kouta gas 3 Kg

Fajarnews.com,MAJALENGKA - Guna menjamin ketersediaan pasokan gas elpiji selama bulan Ramadhan, serta antisipasi terjadinya kelangkaan menjelang Lebaran, Pemerintah Kabupaten Majalengka mengajukan penambahan kouta. Permintaan penambahan kouta terutama pada gas dalam tabung 3 kg.

Kepala Dinas Perdagangan,H. Umar Mar’uf melalui Kepala Bidang Perdagangan, Dudy Darajat mengungkapkan, pemerintah daerah telah mengajukan penambahan  koata gas kepada Pertamina. Permintaan penambahan ini sebagai antisipasi kemungkinan terjadinya kelangkaan, mengingat pada bulan Ramadhan penggunaan gas mengalami peningkatan.

“Biasanya pada bulan puasa, ada peningkatan penggunaan gas di masyarakat, karena itu kami telah mengantisipasinya dengan meminta penambahan pengiriman pada Pertamina,” ungkapnya akhir pekan kemarin.

Besaran pengajuan tambahana kouta kata Duddy sebanyak 500 persen dari jumlah hari biasa. Bila pengajuan tersebut diterima, maka ketersediaan gas selama puasa hingga menjelang Lebaran nanti akan aman.

Dengan adanya penambahan kouta tersebut tidak terjadi lagi kekurangan gas di semua daerah,seperti puasa atau Lebaran sebelumnya. “Kita tidak menginginkan selama puasa dan menjelang Lebaran nanti ada wilayah yang mengalami kesulitan gas, karena itu juga kan memicu terjadinya kenaikan harga gas di pasaran,” katanya.

Duddy berharap masyarakat dapat mndukung upaya yang dilakukan oleh pmerintah,terutama pada keluarga sejahtera atau Aparatur Sipil Negara (ASN), pengusaha rumah makan dan industri untuk tidak menggunakan gas 3 Kg. Karena gas ukuran 3 Kg hanya diperuntukan bagi keluarga miskin.

“Kami meminta kepada pedagang eceran serta pangkalan untuk tidak melayani pembeli gas  3 Kg dari kalangan mampu,” harapnya.

Berdasarkan data di Dinas Perdagangan Majalengka, tahun 2017 Kabupaten Majalengka sudah mendapat tambahan kouta gas 3 Kg sebanyak 771 tabung, sehingga menjadi 29.813 tabung. Sedangkan pada tahun 2016, kuota gas 3Kg untuk Kabupaten Majalengka hanya sebanyak 29.042 tabung. (ABR)

Loading Komentar....
loading...