fajarnews

Seminar Metropolitan Cirebon Raya Rumuskan Masa Depan Ciayumajakuning

Redaksi : Iwan Surya Permana | Sabtu, 20 Mei 2017 | 02:17 WIB

Dede Kurniawan
Ketua Panitia Seminar dan Lokakarya Metropolitan Cirebon Raya, Bambang Setiawan (kiri), menjelaskan rundown acara, saat konferensi pers, Jumat (19/5).*

Fajarnews.com, CIREBON- Pembangunan Tol Cipali, peningkatan kapasitas Pelabuhan Cirebon dan pembangunan Bandara Internasional Kertajati di Majalengka, harus direspons positif dalam sebuah langkah nyata untuk membangun kawasan Metropolitan Cirebon Raya.

Hal itu dikemukakan Ketua Panitia Seminar dan Lokakarya Nasional bertajuk, “Metropolitan Cirebon Raya (Ciayumajakuning)”,  Bambang Setiawan, saat menggelar konferensi pers, Jumat (19/5). 

Menurut Bambang, Seminar dan Lokakarya Metropolitan Cirebon Raya itu digelar Koperasi Ganesha Mitra CIMK dan Ikatan Alumni ITB Jabar CIMK di di Ballroom Hotel Prima Cirebon, Sabtu (20/5) hari ini.  Acara itu  akan dihadiri oleh 400 peserta dari Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan, Jakarta, dan Bandung.

Selain masyarakat dan tokoh se-Ciayumajakuning, acara seminar itu, akan dihadiri pula beberapa tokoh penting di antaranya, Ir. Tatang dari Ikatan Alumni Jawa Barat dan tokoh nasional, Ir. Iman Taufik.

“Acara akan dibuka oleh Asisten Daerah Provinsi Jabar, Prof. Deny Juanda disusul dengan pemaparan keynote speaker, Sultan Sepuh XIV, Arief Natadiningrat yang juga penggagas Metropolitan Cirebon Raya,” kata Bambang kepada awak media.

Seminar dan lokakarya itu akan dibagi menjadi beberapa sesi. “Sesi satu akan membahas mengenai ‘Rencana Kebijakan dan Pengembangan Terkini Metropolitan Cirebon Raya’,” ujar Bambang.

Dikatakan Bambang, narasumber yang dihadirkan yakni Ir. Johnny Patta, MURP, Ph.D. dari Tim WJP MDM Bappeda Prov Jabar dan Virda Dimas Ekaputra, yang merupakan Direktur Utama PT. Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB). 

“Pada sesi kedua, akan dipaparkan mengenai ‘Strategi Pemerintah dan Pengusaha untuk Mengakselerasi Daya Dukung Wilayah dan SDM dalam Menghadapi Metropolitan Cirebon Raya’, dan narasumber yang akan  dihadirkan yakni Wakil Ketua DPRD Provinsi Jabar, Ir. Irfan Suryonegoro dan Owner Batik Trusmi, Ibnu Riyanto,” ujarnya.

“Acara ini diadakan sebagai media sosialisasi dan kolaborasi antara beberapa elemen pembangunan, seperti jajaran pemerintah provinsi, kabupaten/kota dan sektor swasta sehingga bisa bersinergi untuk membangun Metropolitan Cirebon Raya melalui pariwisata dan industri kreatif,” katanya.

Menurutnya, pembangunan Tol Cipali, peningkatan kapasitas Pelabuhan Cirebon, dan pembangunan Bandara Internasional Kertajati di Majalengka yang rencananya akan mulai beroperasi tahun 2018, harus direspons positif dan disambut dengan langkah nyata. Oleh karena itu, pemerintah daerah, masyarakat, dan para pelaku usaha dapat berperan aktif dan menangkap peluang besar ini sehingga terjadi akselerasi pembangunan yang signifikan di kawasan Ciayumajakuning.

“Setelah makan siang dan peserta disuguhi pertunjukan tari rampak topeng dengan diiringi gamelan secara live. Setelah itu  acara dilanjutkan ke sesi 3 yang akan mengulas ‘Program Jangka Pendek dan Solusi-Solusi Praktis bagi Pengusaha dan Pemerintah agar Menjadi Pelaku Utama Metropolis Cirebon Raya’, adapun  narasumber yang akan angkat bicara ialah,  Wakil Bupati Kuningan, Dede Sembada, ST dan Ketua HIMKI Pusat, Ir. Soenoto,” tambahnya.

Pada kesempatan itu, para sponsorship akan diberikan kesempatan memperkenalkan company profile-nya atau memperkenalkan product  release-nya. Peserta seminar juga akan dihibur pertunjukan angklung melalui acara games angklung interaktif. (Dede Kurniawan)

Loading Komentar....
loading...