fajarnews

382 KK Kecamatan Cibingbin Terima BSPS

Redaksi : Iwan Surya Permana | Kamis, 18 Mei 2017 | 13:05 WIB

Ali Al Faruq
Bupati Kuningan, H. Acep Purnama secara simbolis menyerahkan buku tabungan program BSPS bagi masyarakat Kecamatan Cibingbin penerima bantuan.*

Fajarnews.com, KUNINGAN- Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) mulai dikucurkan. Kali ini bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati Kuningan H. Acep Purnama di Balai Desa Cibingbin Kecamatan Cibingbin.

Data yang dihimpun fajarnews.com, penerima bantuan sebanyak 382 KK, yang tersebar di tiga Desa di Kecamatan Cibingbin. Diantaranya Desa Cibingbin sebanyak 230 KK, Desa Sukaharja sebanyak 97 KK dan Desa Dukuhbadag sebanyak 55 KK.

Dari jumlah tersebut, tiap penerima bantuan tidak sama rata melainkan sesuai dengan pendataan yang dikategorikan peningkatan kualitas sedang dan peningkatan kualitas berat.

Untuk peningkatan kualitas sedang masing-masing mendapatkan bantuan Rp 10 juta yang diperuntukan di Desa Cibingbin sebanyak 46 KK dan Desa Dukuhbadang 8 KK, sedangkan peningkatan kualitas berat masing-masing mendapatkan bantuan Rp 15 Juta yang diperuntukan Desa Cibingbin 184 KK, Desa Sukaharja 97 KK dan Desa Dukuhbadang 47 KK. Total bantuan yang disalurkan mencapai Rp 5, 46 miliar.  

Kepala Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Kuningan, H.M. Ridwan Setiawan mengatakan, maksud dari program BSPS agar dapat memenuhi kebutuhan rumah yang layak huni bagi masyarakat, dengan tujuan untuk mendorong masyarakat agar mampu membangun atau meningkatkan kualitas rumah secara swadaya sehingga dapat menghuni rumah yang layak, dalam lingkungan yang sehat dan aman.

Bantuan BSPS 2017 ini, Ridwan menyebutkan, bekerjasama dengan Bank Jabar Banten dengan sistem pelaksanaan yaitu penerima bantuan tidak menerima dana tunia yang diterima adalah dalam bentuk barang, kemudian bank akan mentranfer dana ke rekening toko yang ditunjuk, bila sudah ada pengiriman barang 30 persen sesuai dengan pesanan penerima bantuan.

“Pelaksanaan program BSPS di Kecamatan Cibingbin untuk pengiriman barang sudah 70 persen dan pelaksanaan fisik sudah 50 persen, kemudian untuk buku tabungan BSPS sebanyak 382 orang akan dibagikan,” kata Ridwan.

Sementara itu, Bupati Kuningan H. Acep Purnama mengatakan, dengan program tersebut diharapkan rumah yang tadinya tidak layak menjadi layak.

Karena kewajiban bersama dalam memenuhi kebutuhan hak-hak perumahan untuk membangun tingkat derajat kesehatan dan tingkat derajat perumahan bagi masyarakat.

“Jangan dilihat besarnya bantuan, tapi lihat dari bentuk perhatian pemerintah daerah, provinsi maupun pusat. Oleh sebab itu saya berharap masyarakat agar berpartisipasi bahu membahu melakukan perbaikan rumah,” kata Acep.

Dengan gotong royong, bagi Acep merupakan cerminan kemandirian sesuai dengan visi Kuningan Mandiri, Agamis dan Sejahtera. Dan hal seperti itu yang harus diciptakan.

Terlebih dengan kejadian banjir bandang beberapa bulan lalu membuktikan dengan kegotongroyongan semua sudah beres dan hikmahnya 382 unit rumah disini mendapat bantuan.

“Bapak dan ibu penerima bantuan merupakan orang yang paling beruntung, sebab di kuningan masih 5.800 rumah yang perlu mendapat bantuan seperti ini dan alhamdulilah hari ini 382 rumah mendapat bantuan,” ujar Acep. (Ali)

Loading Komentar....
loading...