fajarnews

Kementan Siapkan Rp 2,1 Triliun untuk Benih di 2018

Redaksi : Iwan Surya Permana | Selasa, 16 Mei 2017 | 14:05 WIB

 

Fajarnews.com, BANDUNG– Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman bertemu dengan seluruh dekan fakultas pertanian universtitas negeri untuk merencanakan peningkatan pertanian nasional. Salah satunya dengan menyiapkan bibit atau benih.
 
“Tahun 2018 kami ada dana Rp2,1 triliun rupiah untuk pengadaan benih gratis bagi masyarakat. Kami mengajak dekan fakultas pertanian untuk bersama-sama menyiapkan benih ini,” ujar dia di Unpad , Senin(15/5).

Nantinya disetiap daerah harus memiliki produk atau komoditas yang unggul dan merupakan produk pasar ekspor. Ia berharap sikap egosektoral setiap daerah dibuang dan saling bekerjasama untuk membangun pertanian nasional.

“Jika akademisi, pemerintah dan pengusaha bersinergi maka persoalan pertanian bahkan semua persoalan negeri bisa selesai,” tegas dia. Ia berharap hasil penelitian akademisi tidak hilang begitu saja karena tidak direalisasikan bagi kemaslahatan masyarakat khususnya bidang pertanian.
 
Rencana itu langsung ditindaklanjuti dengan MoU antara Kementan dengan para dekan yang hadir. Dekan Faperta Unpad Sudrajat mengatakan Unpad siap untuk menciptakan benih berkualitas terbaik untuk meningkatkan produksi pertanian khususnya hortikultura.
 
“Kami sudah ada benih cabai unggul, serta sejumlah penelitian lainnya yang bisa dikembangkan untuk pertanian,” ujar dia. (Irgun)

Loading Komentar....
loading...