fajarnews

Polisi Tilang Puluhan Angkutan Umum di Pantura

Redaksi : Iwan Surya Permana | Sabtu, 13 Mei 2017 | 07:35 WIB

Agus Sugianto
Petugas memeriksa kelengkapan surat-surat kendaraan angkutan umum yang melintasi jalur Pantura Indramayu, Jumat (12/5).*

 

Fajarnews.com, INDRAMAYU- Puluhan angkutan umum yang melintasi jalur Pantura Kabupaten Indramayu ditilang petugas satuan lalulintas Polres Indramayu bersama Dinas Perhubungan saat mengelar razia Operasi Patuh Lodaya 2017, Jumat (12/5) karena tidak melengkapi surat-surat kendaraan.

Seperti terpantau di Jalur Pantura Desa Eretan, Kecamatan Kadanghaur Kabupaten Indramayu. Sejumlah kendaraan umum di antaranya mobil bus, mini bus dan angkutan barang serta mobil pick up dan elf diberhentikan untuk diperiksa surat-surat kendaraannya.

"Razia Operasi Patuh Lodaya ini digelar mengingat jalur pantura  merupakan jalur utama lintas transnasional dalam upaya menekan angka kecelakaan," ungkap Kapolres Indramayu AKBP Eko Sulistyo Basuki melalui Kasat Lantas AKP Asep Nugraha didampingi Kaur Bin Ops Inspektur Dua Dedy Wahyudi.

Menurutnya, dalam razia operasi Patuh Lodaya yang digelar ini, petugas lebih memfokuskan pemeriksaan pada kendaraan umum berupa bus besar, bus kecil, serta angkutan barang yang kerap kali digunakan untuk mengangkut penumpang. Termasuk kendaraan mobil pick up yang kerap digunakan untuk membawa tumpangan bukan barang.

"Kita lakukan pemeriksaan baik kelengkapan surat-surat maupun kelengkapan keamanan lainnya seperti wiper maupun rem. Dan ternyata masih banyak ditemukan kekurangan sehingga kita lakukan peneguran dan penilangan," ungkapnya.

Terlebih, kata Asep, mengingat situasi pantura Indramayu merupakan lintasan jalan paling panjang di Jawa Barat sepanjang 68 kilometer dan dilintasi baik angkutan umum, barang atau orang. 

Untuk itu, lanjut Asep, pihaknya melakukan kegiatan tersebut dalam rangka memberikan efek jera terhadap pelanggar, termasuk menjaga keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas. Serta mengingatkan kepada mereka agar memiliki kepatuhan berlalu lintas yang tinggi yang tujuannya untuk keselamatan mereka sendiri.

"Dari hasil gelar razia ini, masih banyak ditemukan kendaraan umum serta kendaraan angkutan barang yang tidak laik jalan dan tidak dilengkapi sura-surat berkendara," terangnya.

Bahkan kata dia, sejak digelarnya operasi Patuh Lodaya dalam empat hari terakhir ini, petugas telah berhasil menilang 1.050 berbagai macam kendaraan dengan pelanggaran kelengkapan surat-surat, serta kendaraan yang tidak laik jalan. (Agus Sugianto)

 

Loading Komentar....
loading...