fajarnews

Pengobatan Gratis Cirebon Power Diserbu Warga

Redaksi : Iwan Surya Permana | Jumat, 12 Mei 2017 | 13:05 WIB

Nawawi
Tim dokter mengunjungi warga Desa Waruduwur, Kecamatan Mundu yang tidak bisa datang ke lokasi pengobatan gratis yang digelar Cirebon Power.*

 

Fajarnews.com, CIREBON- Lebih dari 400 warga Blok Waruduwur, Desa Waruduwur, Kecamatan Mundu, Kabupatenn Cirebon mendapatkan pengobatan gratis dalam kegiatan yang digelar Cirebon Power bekerjasama dengan Puskesmas Mundu, Rabu (10/5).

Kegiatan pengobatan gratis bertempat di area fasilitas sosial (Fasos) Cirebon Power yang berada di Desa Waruduwur.

Pantauan fajarnews.com di lokasi, hingga ditutup siang hari tercatat sekitar 400 warga yang berkonsultasi dan mendapat pengobatan dari tim medis Puskesmas Mundu.

Penyakit yang banyak dikeluhkan warga yang didominasi kaum lansia dan anak-anak tersebut kebanyakan infeksi saluran pernafasan dan nyeri pada persendian.

Tim medis memperkirakan gangguan kesehatan itu muncul dari efek perubahan cuaca dan juga faktor usia lanjut.

Head of CSR Cirebon Power, Hafiz Saptandito memaparkan, kegiatan pengobatan gratis yang digelar adalah yang kedua kalinya dilakukan di Desa Waruduwur. Sebelumnya kegiatan serupa sudah dilakukan di Blok Kandawaru, Desa Waruduwur.

Hal itu kata dia, dilakukan karena lokasinya berjauhan sehingga membuat kegiatan serupa di dusun tersebut agar warga tidak terlalu jauh.

“Setiap kali kita menggelar kegiatan ini mendapat respon dan tanggapan warga sangat positif. Selain diperiksa kesehatannya, kami juga memberikan obat-obatan ringan secara cuma-Cuma,” papar Hafid.

Dia menuturkan, selain pengobatan dan pemeriksaan secara gratis, pihaknya setiap bulan melakukan penyuluhan kesehatan dan pemberian makanan bergizi tambahan bagi balita di Posyandu desa.

Hal itu dalam rangka mensukseskan program makanan tambahan bagi anak-anak balita serta peningkatan kesadaran hidup sehat kepada masyarakat.

“Selain menggelar pengobatan gratis, kami juga  melakukan penyuluhan kesehatan dan pemberian makanan bergizi untuk balita di Posyandu,” jelasnya.

Kuwu Waruduwur, Dudi Suhaidi dalam kesempatan tersebut mengatakan, pihaknya atasnama pemerintah desa dan masyarakat menyampaikan terima kasih kepada Cirebon Power yang sudah memberikan perhatian dengan melaksanakan kegiatan pengobatan gratis di desanya.

Dirinya juga berharap kerjasama dengan Cirebon Power tersebut terus bisa terjalin dan kegiatan serupa kembali bisa dilaksanakan secara rutin.

“Kami berharap kegiatan pengobatan gratis ini bisa dilakukan secara rutin, mengingat Desa Waruduwur ini wilayahnya jauh dari tempat pelayanan kesehatan,” harapnya.

Dalam kesempatan tersebut Kuwu mengajak dokter melakukan pemeriksaan kepada salahseorang warganya, Wartini yang tidak bisa datang langsung ke lokasi acara.

Wartini sudah mengalami sakit  yang cukup lama sekitar 2 bulan, karena penyakit gula dari hasil pemeriksaan waktu ini dianjurkan untuk dibawa ke dokter spesialis karena memerlukan observasi khusus. “Hasil pemeriksaan katanya terkena gula sehingga harus dirujuk ke dokter spesialis atau rumah sakit,” terang Dudi.

Sementara itu salahseorang warga yang mengikuti pengobatan gratis, Maesaroh mengaku senang dan terbantu dengan adanya pengobatan gratis tersebut. Selain tidak mengeluarkan biaya, tempat pelaksanaannya juga tidak jauh dari rumahnya.

“Maunya saya pengobatan gratis ini bisa dilaksanakan secara rutin, tiga bulan sekali kalau bisa. Tadi saya sama anak periksa batuk dan pilek,” tuturnya. (Nawawi)

Loading Komentar....
loading...