fajarnews

Baznas Kota Cirebon Bantu Renovasi 10 Rutilahu

Redaksi : Andriyana | Kamis, 4 Mei 2017 | 14:50 WIB

HASAN
Baznas Kota Cirebon menyalurkan dana bantuan senilai Rp 100 juta untuk merenovasi 10 rumah warga kurang mampu di lima kecamatan d Kota Cirebon

Fajarnews.com, CIREBON - Badan Amil dan Zakat (Baznas) Provinsi Jawa Barat menyalurkan dana bantuan sebesar Rp 100 juta untuk merenovasi 10 rumah warga kurang mampu di lima kecamatan wilayah kerja Baznas Kota Cirebon.

Penyerahan bantuan tersebut secara simbolis dilakukan di salah satu rumah milik Junaedi, warga Jalan KS Tubun Gang Kamsi RT 04 RW 05, Kelurahan Kejaksan Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon, Rabu (3/5).

Wakil Ketua II Bidang Penyaluran dan Pendayagunaan Baznas Provinsi Jawa Barat, Cecep Komarudin mengatakan, bantuan ini dilakukan di seluruh kota dan kabupaten di Jawa Barat masing-masing per kota/kabupaten Rp 100 juta, dengan rincian per rumah sebesar Rp 10 juta.

Dikatakannya, program ini dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang masih belum memiliki rumah layak huni, menurutnya, dana bantuan ini merupakan titipan dari para muzakki (pemberi zakat), karena pihaknya sebagai pengelola zakat, sehingga da kewajiban pula menyalurkan kepada yang berhak menerimanya.

“Insya Allah Baznas sudah professional dalam pengelolaan zakat, karena kami diangkat berdasarkan UU, Inpres tentang zakat sudah ada, Perwali juga sedang diupayakan, karena yang punya regulasi adalah pemerintah, jadi kalau pemerintah ikut mendukung Insya Allah zakat ini akan bangkit,” ungkapnya.

Melalui program ini, diharapkan tidak hanya dapat meringankan segala pihak terkait yang menangani dalam mengurangi rutilahu. Namun tentunya bagi warga yang rumahnya diperbaiki bisa tinggal lebih nyaman lagi tanpa takut rumahnya roboh atau bocor.

“Karena ini baru kali pertama, semoga saja di tahun-tahun berikutnya penerima bantuan ini akan bertambah banyak, untuk teknis dilakukan oleh Baznas Kota Cirebon,” ujarnya.

Ketua Baznas Kota Cirebon, Dwi Budi Satrio mengatakan, bantuan bedah rutilahu ini bukan berupa uang yang diserahkan kepada penerima, tetapi memang dalam bentuk pelaksanaan pembangunan teknis, sehingga teknisnya, Bazsnas bekerja sama dengan pihak ketiga untuk melaksanakan pembangunan., kemudian Baznas lakukan pengawasan.

“Target pembangunan dari Baznas Provinsi adalah tiga bulan, tetapi kita ada pertimbangan ini mendekati Ramadhan dan Lebaran, jadi kita tergetkan sebelum lebaran sudah selesai,” ungkapnya.

Dijelaskan, 10 rutilahu yang dibedah yakni salah satu rumah di Jalan Bima RW.06 Kelurahan Kejaksan, kemudian di RW.03 Kelurahan Kejaksan, RW.07 Kelurahan Karya Mulya, RW.01 Kelurahan Drajat, RW.04 Kelurahan Pulasaren, RW.02 Kelurahan Jagasatru. Rw.07 Pulobaru Selatan, RW. 16 Kelurahan Pegambiran, RW.03 Kelurahan Lemahwungkuk, RW.08 Kelurahan Pulasaren.

M. HASAN HIDAYAT

Loading Komentar....
loading...