fajarnews

Ini Arti Tagline HUT ke-5 Fajar Cirebon, Terus Berlari Memberi Arti

Redaksi : Iwan Surya Permana | Selasa, 2 Mei 2017 | 23:04 WIB

Ist
Dea Angkasa Putri Supardi, Direktur HU Fajar Cirebon.*

 

Fajarnews.com, CIREBON- Lima tahun yang lalu terjadi sebuah perbincangan serius di sebuah kamar berukuran 4x5 meter di jantung Kota Cirebon. Pertemuan itu di hadiri oleh empat orang pria dan satu orang wanita. Malam itu cuaca cukup bersahabat, dengan bintang yang tampak malu-malu muncul di permukaan.

Ditemani beberapa cangkir kopi hitam, teh panas, dan kepulan asap dari isapan rokok para pria yang seolah-olah idenya ikut keluar seiring dengan asap yang membumbung tinggi ke langit-langit kamar dan mencari jalan keluar melalui celah jendela yang sengaja agak dibuka, maka tercetuslah sebuah gagasan untuk menerbitkan sebuah koran lokal.

Ini merupakan tonggak sejarah berdirinya sebuah media cetak yang kemudian diberi nama Harian Umum Fajar Cirebon.

Fajar di pagi hari selalu menjadi inspirasi kami. Cita-cita kami adalah turut serta mencerahkan bangsa layaknya tugas Sang Fajar, si matahari pagi. Turut serta dalam pembangunan dalam memberikan berita informatif dan edukatif menjadi salah satu misi kami.

Ya, nama Fajar Cirebon juga kami pilih karena memang kami merupakan pengagum Bapak Proklamator Indonesia, Soekarno yang dikenal sebagai Putera Sang Fajar.

-
-

Tanggal 2 Mei 2012 lima tahun telah berlalu, sejak diguntingnya pita sebagai tanda peresmian Koran Fajar Cirebon di sebuah ruko sewaan berlantai tiga di Jalan Tujuh Pahlawan Revolusi (Tuparev) Kabupaten Cirebon. Lokasi ini kami pilih karena nama jalannya yang diharapkan memberi spirit tersendiri bagi laju tumbuh kembangnya koran Fajar Cirebon sebagai media cetak arus utama.

‘Markas’ baru yang kami tempati sejak tahun kedua di Jalan Pangeran Cakrabuana yang lokasinya kami pilih, lagi-lagi karena nama jalannya yang memberi spirit tambahan bagi perjuangan kami merupakan saksi sejarah jatuh bangunnya kami merintis media cetak ini.

Perjalanan Koran Fajar Cirebon tidak boleh berhenti hanya sampai di situ, terjebak dalam romantika masa silam. Tantangan dan hambatan datang silih berganti setiap harinya. Pertumbuhan media digital yang kian pesat dan rendahnya minat baca hari ini, merupakan tantangan yang tidak dapat dipandang sebelah mata. Tapi kami tak habis akal karena kami para pelaku industri kreatif.

Koran Fajar Cirebon hadir dalam bentuk digital bernama Fajarnews.com sebagai jawaban dari tantangan zaman. Sehingga inovasi adalah ruh perjuangan kami.

Dalam perkembangannya, redaksi Fajar Cirebon pun mampu menjawab tantangan mewujudkan pers yang independen dan menjadi yang terdepan dalam pemberitaan (leader opinion).

Hal ini dikukuhkan dengan seringnya Fajar Cirebon menyajikan berita dari sudut pandang berbeda dan berani menjadi pioner dalam mengungkap fakta. Menyuguhkan berita-berita aktual dengan porsi berita daerah yang lebih besar, turut mensosialisasikan dan menjaga budaya daerah menjadi komitmen kami dalam mewarnai pembangunan.

Beberapa dari pendiri Fajar Cirebon memang tak lagi bersama. Namun semangat dalam kebersamaan membuat kami yang masih tinggal dan para penerus perjuangan Fajar Cirebon mampu bertahan untuk terus berlari dalam mewujudkan cita-cita mulia kami. Memberi arti kepada sesama, memberi arti kepada lingkungan, dan memberi arti dalam pembangunan adalah tujuan kami. 

Berbagai harapan kami pupuk dan kami rawat sampai hari ini Koran Fajar Cirebon ada di tangan Anda para pembaca yang kami cintai.

Bagaikan seorang pelari marathon yang dipenuhi peluh, Fajar Cirebon akan terus berlari dalam berbagai kondisi menuju garis finish dan menjadi juara di hati para pembaca. Apapun yang terjadi, Fajar Cirebon akan terus memberi arti bagi para pembaca.

Dari Cirebon untuk Indonesia, Harian Umum Fajar Cirebon akan terus berlari memberi arti. (Dea Angkasa)

Loading Komentar....
loading...