fajarnews

Banyak Obyek Wisata Baru, Kuningan Perlu SDM yang Kompeten

Redaksi : Iwan Surya Permana | Sabtu, 22 April 2017 | 13:05 WIB

Ali Al Faruq
Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan H. Yosep Setiawan membuka workshop Kompepar di Desa Cibuntu.*

Fajarnews.com, KUNINGAN- Dengan Semakin banyak bermunculannya obyek wisata baru di Kabupaten Kuningan, maka harus disiapkan pula sumber daya manusia kepariwisataan yang kompeten.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan, H. Yosep Setiawan saat membuka acara Workshop Pemberdayaan Kelompok Penggerak Pariwisata dan Sosialisasi Sertifikasi Tenaga Kerja Kepariwisataan di obyek Wisata Desa Cibuntu, Kecamatan Pasawahan, kemarin.

Dikatakan Yosep, pada hari libur, kunjungan wisatawan ke beberapa obyek wisata di Kabupaten Kuningan terus meningkat, seiring dengan itu pembangunan hotel terus berkembang, restoran dan rumah makan semakin banyak, begitu pula dengan obyek wisata baru terus bermunculan tumbuh dan berkembang dengan pesat.

“Kita tahu banyak obyek wisata baru seperti Bukit Seribu Bintang, Cadas Gantung, Bumi Perkemahan Ipukan, Desa Wisata Sakerta Timur dan obyek Wisata Desa Cibuntu ini,” ungkap Yosep.

Munculnya obyek wisata tersebut, kata Yosep, muncul berdasarkan gagasan masyarakat dan pemerintah desa setempat yang secara bersama-sama memiliki keinginan untuk menjadikan daerahnya sebagai tujuan wisata.

Kemudian, menurut Yosep, pembangunan industri pariwisata harus mendapat dukungan dari berbagai pihak dengan menjalin kerjasama dan berperan aktif antara pemerintah selaku fasilitator dan dinamisator yang didukung oleh perangkat daerah dan pihak swasta.

“Kelompok Pengerak Pariwisata (Kompepar) memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam upaya mendukung perkembangan pariwisata di Kuningan. Terutama dalam mempengaruhi masyarakat sekitar yang memiliki potensi sehingga mereka ikut berpartisipasi memajukan daerahnya sebagai daerah wisata,” ujar Yosep.

Untuk pelayan terhadap wisatawan, Yosep berharap dapat sejalan dengan sumber daya manusia kepariwisataan yang kompeten. Dengan pemberdayaan dan pelatihan ini kedepan bisa berkesinambungan. (Ali)

Loading Komentar....
loading...