fajarnews

Unit Pengelola Zakat Mulai Masuk Kampus

Redaksi : Iwan Surya Permana | Jumat, 21 April 2017 | 08:35 WIB

Sopandi
Ketua BAZNAS Kuningan H. Uba Subari (dua dari kanan depan) secara simbolis menyerahkan bantuan beasiswa untuk mahasiswa Uniku, kepada Rektor Uniku Dr. Dikdik Harjadi.*

 

Fajarnews.com, KUNINGAN- Unit Pengelola Zakat (UPZ) sebagai tangan panjang Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) tidak hanya terbentuk di sejumlah lembaga pemerintah, swasta, Kantor Urusan Agama (KUA), dan masjid-masjid. Kali ini, BAZNAS Kuningan melebarkan sayap UPZ sampai ke lingkungan kampus.

Di bawah komando H. Uba Subari, Baznas Kuningan secara resmi mengukuhkan pengurus UPZ Universitas Kuningan Periode 2017-2020. Acara itu dilakukan di ruang rapat Rektorat Uniku yang dihadiri langsung Dr. Dikdik Harjadi selaku rektor, beserta jajarannya.

Uba menjelaskan, pengukuhan pengurus UPZ Uniku itu dilakukan dalam rangka meningkatkan efektivitas dan efisiensi layanan pengelolaan zakat di tubuh BAZNAS. Karena itu, sebagaimana hasil musyawarah yang dipimpinnya, UPZ di perguruan tinggi, khususnya Uniku, dirasa perlu untuk segera ditetapkan.

“Sebenarnya di Uniku ini sudah sejak lama ada UPZ. Tapi di tingkat fakultas. Karena statusnya belum resmi kami legalkan, tiba saatnya saat ini kami bersama pihak rektorat Uniku sepakat untuk menetapkan UPZ Uniku,” kata ketua Gapensi Kuningan Periode 2011-2016 itu kepada media.

Setelah diawali dengan peresmian UPZ tingkat universitas, kata Uba, pihaknya akan kembali dan terus mengembangkan unit pengelolaan zakat itu ke tingkat fakultas dan lembaga lain di bawahnya. Hal itu dirasa penting untuk melakukan pengelolan zakat di tingkat kampus.

Upaya Baznas itu mendapat sambutan baik dan apresiasi dari Uniku. Dikdik Harjadi menerangkan, pihaknya sangat berterimakasih kepada Baznas Kuningan yang telah berupaya sekaligus memberi kepercayaan dibentuknya UPZ di lembaga yang dipimpinnya.

Dia berharap, setelah resmi dibentuk oleh Baznas, UPZ Uniku bisa dikelola maksimal oleh para pengurusnya dan bisa memberikan manfaat bagi seluruh civitas akademika Uniku. Salah satunya, kata Dikdik, UPZ itu mampu memberikan kontribusi rill berupa bantuan kepada mahasiswa dan mahasiswi yang dinilai kurang mampu.

“Semoga dengan hadirnya UPZ ini bisa memberikan manfaat untuk kita. Bisa memasilitasi para wajib zakat dan menyalurkannya ke mahasiswa atau siapapun yang masuk kategori mustahiq,” kata Dikdik

Selain meresmikan UPZ, BAZNAS juga kembali menyerahkan bantuan dana stimulan atau beasiswa. Bantuan itu secara simbolis diberikan oleh H. Uba Subari kepada Dr. Dikdik Harjadi. Adapun total bantuan yang diberikan sebesar Rp. 40.750.000, yang diperuntukan bagi mahasiswa berprestasi yang tidak mampu. (Sopandi)

Loading Komentar....
loading...