fajarnews

PT Pertamina EP Canangkan Program Konsevasi Mangrove di Wilayah Pesisir

Redaksi : Iwan Surya Permana | Jumat, 21 April 2017 | 08:05 WIB

Agus Sugianto
PT Pertamina EP (PEP) Asset 3 melakukan penanaman pohon mangrove di wilayah pesisir Blok Pantai Jongor, Desa Krangkeng, Kecamatan Krangkeng, Kabupaten Indramayu.*

 

Fajarnews.com, INDRAMAYU- PT Pertamina EP (PEP) Asset 3 melakukan penanaman pohon mangrove di wilayah pesisir Blok Pantai Jongor, Desa Krangkeng, Kecamatan Krangkeng, Kabupaten Indramayu dengan melibatkan masyarakat sekitar sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan.

Kegiatan bertemakan "Program Konservasi Mangrove di Wilayah Pesisir" ini dilakukan pada area pantai seluas 3 hektare dengan bibit yang ditanam sebanyak 30.000 jenis Rhizophora Mucronata dan Avicennia.

Kegiatan itu melibatkan jajaran PT Pertamina EP Asset 3, Asset 3 Legal & Relation Manager, Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Indramayu, Camat Krangkeng bersama unsur muspika, pemerintah desa, serta tokoh masyarakat dan tokoh agama di Kecamatan Krangkeng.

General Manager Asset 3, Wisnu Hindadari melalui Asset 3 Legal & Relation Manager, Aji Dharmayasa mengatakan, program tersebut adalah wujud keseriusan Pertamina EP pada kelangsungan ekosistem di sekitar wilayah operasinya.

"Dalam setiap kegiatan operasi, aspek lingkungan termasuk perlindungan ekosistem memang selalu menjadi perhatian kami. Hal ini sesuai dengan misi Pertamina EP untuk tumbuh dan berkembang bersama lingkungan," tuturnya.

Dikatakanya, selain untuk melindungi ekosistem, program itu juga bertujuan untuk memberdayakan dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya abrasi yang terjadi di wilayah mereka.

"Dalam program ini, kami bekerjasama dengan kelompok tani lokal serta melibatkan lebih dari limapuluh warga setempat," terang Aji.

Disamping melakukan penanaman, kata dia, Pertamina EP Asset 3 pun akan melakukan pemeliharaan, monitoring dan evaluasi untuk memastikan bahwa program tersebut telah berjalan sesuai harapan.

PT Pertamina EP sendiri merupakan anak perusahaan PT Pertamina (Persero) yang menjalankan kegiatan usaha eksplorasi dan produksi minyak dan gas bumi melalui kontrak kerjasama dengan SKK Migas.

Di Jawa Barat, wilayah kerja Pertamina EP berada di bawah pengelolaan Asset 3 yang secara administratif terletak di tujuh kabupaten yaitu Cirebon, Indramayu, Majalengka, Subang, Karawang, Bekasi dan Purwakarta. (Agus Sugianto)

Loading Komentar....
loading...