fajarnews

Dewan Minta Bupati Tindaklanjuti Keluhan Soal SIPI

Redaksi : Iwan Surya Permana | Jumat, 21 April 2017 | 15:05 WIB

 

Fajarnews.com, INDRAMAYU- Anggota Komisi B DPRD Indramayu dari Fraksi PKS, Ruswa meminta Bupati Indramayu menindaklanjuti keluhan para nelayan atas sulitnya mengurus Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI).

“Pasca para nelayan melakukan audensi dengan DPRD Indramayu, kita sudah sampaikan langsung persoalan tersebut ke eksekutif dan pada saat sidang paripurna di DPRD Indramayu,” ungkap Ruswa, belum lama ini.

Pihaknya meminta agar eksekutif membuat regulasi yang tidak mempersulit nelayan dan memang nelayan menjerit dengan adanya regulasi baru oleh menteri sekarang ini.

“Eksekutif harus menindaklanjuti secara  langsung  bersama dewan untuk memperjuangkan nasib nelayan karena ini domainnya kementrian,” jelasnya.

Pihaknya juga pun mendorong pemerintah pusat agar merevisi regulasi itu. “Kan kasihan kalau ada nelayan yang ditangkap. Itu kan faktor penyebabnya karena perizinan yang  ribet sementara mereka butuh makan dan usaha, daripada ribet-ribet berangkat saja dan kemudian ditinggal terus juga prosesnya lama dan costnya besar sementara nelayan kita terbatas,” ujarnya.

Semenetara itu, salah satu nelayan Indramayu, Robani mengatakan, kebijakan Kementrian Perikanan dan Kelautan, seolah olah menteri ini tidak percaya dengan adanya birokrasi yang ada di bawahnya.

“Saya mengamati masalah perikanan ini sudah 10 tahun, baru kali ini kebijakan kementrian berbeda dengan kebijakan sebelumnya,” tegasnya.

Dikatakannya, dulu mengenai SIPI ini yang menangani Dirjen Penangkapan Ikan, menteri  tidak  terlalu terlibat.

Pihaknya sejauh ini masih melakukan tahapan audiensi mengenai persoalan tersebut bersama teman-teman nelayan lainya dengan harapan agar SIPI tersebut dipermudah.

Menurutnya, jika audiensi ini menemui jalan buntu maka tidak menutupkemungkinan pihaknya akan turun ke jalan untuk memperjuangkan nasibnya. (Agus Sugianto)

Loading Komentar....
loading...