fajarnews

Curi Kotak Amal Masjid, Pemuda Sakit Jiwa Diamankan

Redaksi : Iwan Surya Permana | Kamis, 20 April 2017 | 09:40 WIB

Agus Sugianto
Petugas mengamankan Bujel, pemuda sakit jiwa yang kedapatan mencuri kotak amal Masjid Agung Indramayu.*

 

Fajarnews.com, INDRAMAYU- Bujel (17), warga Kelurahan Paoman, Kecamatan/Kabupaten  Indramayu, tiba-tiba menjadi perhatian jemaah Masjid Agung Indramayu. Pasalnya, seolah tanpa dosa ia mengambil kotak amal masjid dan membukanya di hadapan banyak orang, Rabu (19/4).

Aksinya itu sontak membuat pengurus masjid geram. Koordinator keamanan masjdi pun bertindak cepat. Bujel diamankan agar tidak menjadi bulan-bulanan jemaah masjid lainnya. Ia lalu diserahkan ke polisi.

Dalam pemeriksaan polisi itu terungkap jika Bujel pernah menderita gangguan jiwa. Ia diduga telah melakukan aksi serupa di masjid-masjid lainnya di Indramayu.

Kapolres Indramayu, AKBP Eko Sulistyo Basuki melalui Kapolsek Indramayu Kota, AKP Karyaman didampingi Kanit Reskrim, Inspektur Dua Suripto mengatakan, aksi pencurian yang dilakukan Bujel terjadi sekitar pukul 13.00 WIB.

Pelaku mengambil kotak amal masjid Agung Indramayu, di tengah kesibukan jemaah yang sedang melaksanakan ibadah Salat Zuhur.

Menurut Karyaman, pelaku masuk masjid dan berpura-pura salat di dalam Masjid Agung. Sejurus kemudian, pelaku keluar dan mengambil kota amal masjid kemudian membukanya di hadapan orang banyak. Kelakuan Bujel yang mengundang kecurigaan membuat kordinator keamanan masjid cepat mengamankannya.

"Dari hasil pemeriksaan ternyata pelaku ini sering berbuat hal yang sama di tempat lain. Namun dia memiliki riwayat gangguan kejiwaan atau stres. Bahkan sebelumnya, karena kasus yang sama ia dibawa oleh pihak Dinsosnaker untuk dilakukan rehabilitasi. Namun setelah dilakukan perawatan dan keluar, kini dia kembali melakukan pencurian," kata Karyaman.

Menurut Karyaman, petugas berhasil menyita barang bukti kotak amal Masjid Agung Indramayu yang berisi uang tunai ratusan ribu rupiah. Untuk menangani kasus tersebut, lanjut Karyaman, pihaknya akan berkordinasi dengan Dinsos Kabupaten Indramayu.

"Dalam waktu dekat kita akan menyerahkan yang bersangkutan ke Dinsosnaker Indramayu. Nantinya apakah pelaku akan  menjalani rehabilitasi atas ganguuan kejiwannya menjadi keputusan pihak Dinsosnaker," ujarnya.

Ditambahkanya, sebelumnya Bujel pernah ditangkap warga karena mencuri dompet milik tetangganya. Dompet itu,berisi sejumlah uang dan seuntai kalung. Kalung curian itu langsung dipakai Bujel dan dipamerkan kepada pemiliknya dengan bangga. (Agus Sugianto)

Loading Komentar....
loading...