fajarnews

KPU Targetkan Partisipasi Pemilih Pilwalkot 75 Persen

Redaksi : Iwan Surya Permana | Kamis, 20 April 2017 | 14:25 WIB

Hasan Hidayat
Ketua KPU Kota Cirebon, Emirzal Hamdani menyampaikan sambutan pada peresmian Rumah Pintar Pemilu (RPP) Griya Cakrabuana di gedung KPU Kota Cirebon.*

Fajarnews.com, CIREBON- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cirebon menargetkan partisipasi pemilih pada Pemilihan Walikota (Pilwalkot) Cirebon 2018 mendatang minimalnya bisa mencapai 75 persen.

Hal tersebut dikatakan Ketua KPU Kota Cirebon, Emirzal Hamdani kepada awak media usai meresmikan Rumah Pintar Pemilu (RPP) Griya Cakrabuana KPU Kota Cirebon, Selasa (18/4) lalu.

"Target kita minimalnya mencapai 75 persen, karena pada Pilwalkot sebelumnya tingkat partisipasi itu hanya mencapai sekitar 70 persenan," ungkap Emirzal.

Emir sapaan akrabnya mengakui, saat ini tingkat partisipasi masyarakat untuk terlibat sebagai pemilih di pemilihan umum baik legislatif maupun pemilihan kepala daerah terbilang masih rendah. Rendahnya tingkat partisipasi itu, lanjut Emir, diakibatkan oleh beberapa faktor.

Dijelaskannya, dua di antaranya karena kurang maksimalnya sosialisasi dan tak sedikit kepala daerah atau wakil rakyat yang belum menepati janjinya saat masa kampanye.

Kedua faktor itu, Emir mengaku, didapatkan darinya saat KPU Kota Cirebon melakukan sosialisasi kepada pemilih pemula, yakni disejumlah sekolah.

 "Kalau soal sosialisasi, KPU akan upayakan agar sosialisasinya bisa masif. Tapi, untuk urusan janji para calon itu bukan kewenangan KPU. Itu personal calonnya, ya seharusnya parpol atau si calon ini memberikan janji yang terukur saat kampanye. Harusnya begitu," ungkapnya.

Ia mengatakan, saat KPU Kota Cirebon melakukan sosialisasi baik di lingkungan masyarakat maupun di lingkungan pendidikan yakni sekolah menengah atas, hampir 90 persen pemilih pemula mengatakan tidak puas dengan hasil pemilu.

Karena, tak sedikit janji yang diumbar para calon pada saat masa kampanye belum juga ditepati usai memimpin atau menjadi wakil rakyat. 

"Adanya RPP yang merupakan program KPU pusat untuk daerah-daerah ini diharapkan lebih meningkatkan lagi. Kendati banyak yang kurang puas, mereka menyatakan tetap akan memilih lagi. Saya berharap, tingkat partisipasi mengalami kenaikan," harapnya. (Hasan Hidayat)

Loading Komentar....
loading...