fajarnews

Begini Kata Dewan Soal Tingginya Pengangguran di Indramayu

Redaksi : Iwan Surya Permana | Kamis, 20 April 2017 | 17:45 WIB

 

Fajarnews.com, INDRAMAYU- Anggota DPRD Kabupaten Indramayu, Junedi menilai tingginya angka pengangguran di Indramayu merupakan pekerjaan rumah (PR) semua pihak sehingga masyarakat harus bahu-membahu untuk mengatasinya.

Menurutnya, hal itu tidak terlepas dari masih sedikitnya investor di Indramayu. "Saya berharap ke depan, pelayanan satu pintu untuk perizinan dipermudah," ujarnya belum lama ini.

Pihaknya beralasan, jika hal itu dilakukan, tidak menutup kemungkinan akan menarik investor untuk lebih masuk ke Indramayu, namun tetap mengedepankan aturan yang berlaku. Pasalnya kemudahan pelayanan dan perizinan akan menjadi daya tarik tersendiri bagi investor.

Anggota Komisi B DPRD Indramayu itu juga menyampaikan, tata ruang yang sudah ada harus direvisi kembali, mengingat ini merupakan kepentingan pemerintah daerah (pemda), Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) dan Pemerintah Pusat. Terlebih di dalamnya akan mengatur zona-zona sesuai dengan potensinya.

"Lahan produktif dijadikan zona pertanian, daerah kurang produktif dijadikan zona industri agar hidup," jelasnya.

Dia pun mneyakini, dengan dievaluasinya tata ruang di Kabupaten Indramayu, akan  menambah investor berinvestasi. Pasalnya yang dibutuhkan oleh mereka adalah kejelasan status zonanya.

"Investor datang, kita buka peta zonasinya, didukung dengan pelayanan perizinan yang mudah, mereka pasti mau. Dengan catatan mengikuti aturan yang ada," pungkasnya.

Sebelumnya,  Jumlah penganguran di Kabupaten Indramayu hingga kini masih terbilang tinggi. Angkatan kerja di Kabupaten Indramayu setiap tahunnya mencapai 35 ribu orang di mana 95 persennya kebanyakan lulusan SMA dan SMK.

Seperti diketahui, berdasarkan data tanggal 2 Agustus tahun 2016 serta tahun 2015 lalu, jumlah penganggur mencapai 61.403 orang dan angkatan kerja sebanyak 766.583 orang. Sementara pencari kerja mencapai 35.940 orang dengan penempatan tenaga kerja sebanyak 20.344 orang. Tingginya angka pengangguran di Indramayu ini dipengaruhi oleh sulitnya pencari kerja dalam mengakses informasi lowongan pekerjaan. (Agus Sugianto)

Loading Komentar....
loading...