fajarnews

Hari Kartini, Momen Terbaik untuk Pembelajaran Disiplin Anak

Redaksi : Iwan Surya Permana | Kamis, 20 April 2017 | 12:25 WIB

Robi Cahyadi
Camat Patrol, Teguh Budiarso dan Penilik PAUD UPT Pendidikan Patrol, Na'im, mendampingi tenaga pendidik, lGTKI dan Himpaudi Kecamatan Patrol.*

 

Fajarnews.com, INDRAMAYU- Peringatan Hari Kartini tahun 2017 di wilayah Kecamatan Patrol yang diwarnai dengan karnaval dan lomba fashion show, diikuti 1.200 peserta didik dari semua lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang terhimpun pada organisasi IGTKI dan Himpaudi Kecamatan Patrol.

Acara tersebut berlangsung meriah, dengan pusat kegiatan di Lapangan Futsal Jagal Desa Patrol Baru, Rabu (19/4). "Pada peringatan Hari Kartini, kami lebih menekankan pada displin anak dalam hal menumbuhkan semangat belajar," ujar Camat Patrol, Teguh Budiarso, kepada fajarnews.com di sela acara.

Teguh juga mengatakan, selain adanya penekanan disiplin anak sedini mungkin, peringatan Hari Kartini ini juga dimaksudkan untuk menyatukan persepsi semua lembaga PAUD yang ada di wilayah Patrol karena pada hakikatnya baik TK maupun SPS serta Kelompok Bermain (Kober) atau  dua elemen  organisasi yaitu IGTKI dan Himpaudni adalah satu kesatuan dalam komponen pendidikan anak usia dini.

"Penyatuan persepsi antara dua lembaga yakni TK dan SPS menjadi landasan pokok kesatuan prinsip pada penerapan pendidikan anak usia dini, sekaligus sebagai bentuk perwujudan atas pemahaman daya juang RA. Kartini," tegasnya.

Di tempat yang sama, Penilik PAUD UPT Pendidikan Patrol, Na'im memaparkan, peringatan Hari Kartini yang digelar secara bersama-sama adalah kali kedua di Kecamatan Patrol, setelah pada tahun sebelumnya dilangsungkan di halaman kantor kecamatan. 

Adapun jumlah lembaga PAUD di Kecamatan Patrol, lanjut Na'im, adalah sebanyak 26 terdiri dari 9 TK dan sisanya sejumlah 15 lembaga adalah SPS dan Kober, dengan jumlah peserta didik keseluruhan adalah 1.200 anak dan kesemuanya hadir pada kegiatan ini.

"Untuk peringatan tahun ini lebih meriah dari sebelumnya karena persiapannya cukup matang. Lebih dari itu, melalui kegiatan ini diharapkan terjalin kebersamaan antar IGTKI dan Himpaudni dalam satu persamaan persepsi," paparnya.

Sementara, Ketua Panitia Peringatan Hari Kartini 2017, Umyati, yang juga selaku Kepala SPS Gandasari, mengatakan, baik IGTKI maupun SPS dan juga Kober pada kegiatan ini memiliki kedudukan yang sama, contohnya pada penyertaan anak pada lomba fashion show dan karnaval tidak ada pengcualian karena pada hakikatnya semua anak yang belajar pada lingkup PAUD memiliki hak yang sama pada kegiatan tersebut.

"Kami selaku panitia tidak membedakan asal lembaga pendidikan bagi peserta lomba pada peringatan hari Kartini ini, sehingga untuk penentuan pemenang sepenuhnya hasil penilaian para juri yang akan diumumkan pada upacara peringatan Hari Kartini, Jumat besok," terangnya. (Robi Cahyadi)

Loading Komentar....
loading...