fajarnews

Calon Anggota Polri Tandatangani Pakta Integritas

Redaksi : Iwan Surya Permana | Rabu, 19 April 2017 | 15:05 WIB

 

Fajarnews.com, MAJALENGKA– Kasubdal Keuangan Polda Jawa Barat, AKBP Endang Sri Wahyu Utami memimpin acara penandatanganan pakta integritas dan pembacaan maklumat dalam rangka pnerimaan calon anggota bintara dan tamtama di lingkungan Polres Majalengka.

Sedikitinya tercatat ada 300 lebih peserta yang selanjutnya mengikuti proses tahapan seleksi penerimaan anggota Polri di Majalengka. Sementara pihak orang tua peserta seleksi berharap, penerimaan anggota polri dilakukan secara profesional dan transparan.

Kasubdal Keuangan Polda Jawa Barat AKBP Endang Sri Wahyu Utami didampingi Wakapolres Majalengka Kompol Bobby Indra P SH SIK mengatakan, penerimaan calon anggota polri dengan pengawasan dari berbagai pihak termasuk masyarakat. Sehingga nantinya dapat mencetak anggota Polri baru yang bersih, transparan, akuntabel, dan humanis.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia penerimaan calon anggota polisi selama proses penerimaan dapat berjalan baik dan lancar. Begitu juga kepada para peserta seleksi dan orangtua/wali atas kehadirannya dalam rangka penandatanganan Pakta Integritas tersebut.

Penerimaan berkas pendaftaran dilakukan di Polres setempat guna memudahkan masyarakat seluruh daerah untuk mendaftarkan putra–putrinya tanpa harus datang ke Polda Jabar yang butuh waktu dan biaya yang banyak.

“Guna mencegah praktek korupsi kolusi dan nepotisme (KKN) dalam penerimaan calon anggota polri dilingkungan kepolisian, instansi Polri mengadakan nota kesepakatanan dengan menandatangani fakta integritas yang disepakati oleh instansi polri, calon anggota polri, dan orang tua calon anggota polri masing-masing,” ujarnya Selasa (18/4).

Pantauan fajarnews.com di lapangan, ratusan peserta calon anggota polri di Majalengka menandatangi kesepakatan fakta integritas yang melibatkan langsung pihak polri, calon anggota polisi, dan orang tua setiap peserta calon anggota polisi.

Tidak hanya itu, ratusan peserta calon anggota polri juga mengucap sumpah dan janji. Dalam janji tersebut, mereka menyatakan jika diterima menjadi anggota polri, akan menjalankan tugas dan fungsi sebagai polisi, yaitu menjaga keutuhan NKRI dan melayani masyarakat sepenuh hati.

Sementara itu, menurut orang tua calon anggota polisi, Ruslan mengatakan, selaku orang tua pihaknya mengapresiasi terhadap penandatangan fakta integritas.

Dijelaskan dia, hal  ini bertujuan untuk mencegah praktik KKN, dalam penerimaan calon anggota polri dan baru kali ini pihak Polri melibatkan masyarakat langsung dalam mengawasi penerimaan calon anggota polisi baru.

“Semoga dengan adanya penandatanganan ini, kepolisian bisa lebih professional dalam mengemban tugasnya,” jelasnya. (Munadi)

Loading Komentar....
loading...