fajarnews

Ratusan Guru PAUD Ikuti Pelatihan Peningkatan Kompetensi

Redaksi : Iwan Surya Permana | Selasa, 18 April 2017 | 12:45 WIB

Ali Al Faruq
Wakil Bupati Dede Sembada bersama Bunda PAUD Hj. Ika Purnama serta para guru PAUD berfoto bersama di sela pelatihan.*

 

Fajarnews.com, KUNINGAN- Ratusan Guru PAUD se-Kabupaten Kuningan mengikuti pelatihan peningkatan kompetensi guru yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan di Gedung Gelanggang Pemuda, Senin (17/4). 

Pelatihan peningkatan kompetensi guru PAUD tersebut dihadiri Wakil Bupati Kuningan, Dede Sembada, Bunda PAUD Hj. Ika Acep Purnama, Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan Dikmas Erlin Catalan, Ketua PGRI Pipin Mansur Aripin, Ketua IGTKI Eli Jubaedah, dan Ketua Himaudi, Timu, serta narasumber dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 

Ketua panitia sekaligus Ketua IGTKI Kuningan, Eli Jubaedah mengatakan, pendidikan yang berkualitas itu salahsatunya dari guru yang berkualitas. Tentunya menjadi momentum yang sangat bermanfaat bagi tenaga pendidikan untuk meningkatkan mutu dan kompetensi, serta dapat mengembangkan kreativitas dan inovasi menuju PAUD berkualitas. 

“Alhamdulillah peserta sangat antusias dan yang ikuti sekitar 660 orang. Kami juga ingin mendukung Kuningan sebagai kabupaten pendidikan, maka yang harus dibangun itu dari pendidikan anak usia dini,” kata Eli. 

Sementara Wakil Bupati Kuningan, Dede Sembada mengapresiasi atas pelaksanaan pelatihan tersebut. Selain itu, kata Dede Sembada, pendidikan anak usia dini di persiapkan untuk mengikuti pendidikan ke jenjang selanjutnya, yakni pendidikan SD sampai ke perguruan tinggi. 

“Melalui pelatihan, diharapkan guru-guru PAUD memiliki kompetensi sesuai dengan standar pendidikan, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional sehingga dapat memenuhi tuntutan kebutuhan masyarakat,” ujarnya. 

Dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan bernegara, sambung Desem sesuai dengan UU No. 20 tahun 2003 yang menyatakan bahwa pendidikan anak usia dini adalah upaya pembinaan ya g ditunjukkan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun. “Oleh karena itu, perlu dipersiapkan sejak dini,” kata Desem. 

Desem juga berpesan, setelah pelatihan guru-guru dapat mengaplikasikannya di setiap sekolah masing-masing. Kemudian juga, dapat meningkatkan kualitas pengajar dengan inovasi, dan kreativitas yang dimiliki untuk mempersiapkan dan membentuk karakter anak (Golden Age), karena pada usia tersebut merupakan pembentukan kepribadian anak yang akan berdampak pada karakter mereka di masa yang akan datang. (Ali)

Loading Komentar....
loading...