fajarnews

Nelayan Desa Dadap Indramayu Terima SIPI dari Gubernur

Redaksi : Iwan Surya Permana | Rabu, 12 April 2017 | 10:25 WIB

Ist
Gubernur Jabar, H. Ahmad Heryawan menyerahkan SIPI kepada nelayan pada pelaksanaan TMMD ke-98 di Desa Dadap, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu.*

 

Fajarnews.com, INDRAMAYU- Kehadiran program TMMD ke-98 di Desa Dadap, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu benar-benar mampu membatu para nelayan untuk mengurus permohonan Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI) bagi perahu dan kapal di bawah ukuran 30 GT. Para nelayan pun akhirnya bisa memperoleh SIPI yang diberikan langsung Gubernur Jabar, H. Ahmad Heryawan.

Salah satu nelayan Desa Dadap, Sukardi mengaku telah menerima Buku Kapal Perikanan (BKP) dari Dinas Penanaman Modal dan  Perizinan Terpadu Satu Pintu Provinsi Jawa Barat. Ia mengaku senang karena momentum TMMD ke-98 menjadi bagian dari upaya yang selama ini dinanti atas penerbitan kapal nelayan miliknya.

"Sangat istimewa, surat-surat perahu diberikan langsung oleh Bapak Gubernur Jawa Barat disaksikan Ibu Bupati Indramayu," ujarnya, Selasa (11/4).

Ia mengaku bersyukur atas pelaksanaan TMMD yang sudah menjadi bagian dari upaya TNI untuk memperjuangkan nasib nelayan di Kabupaten Indramayu melalui penyediaan pelayanan perizinan dari Provinsi Jawa Barat. "Dengan kelengkapan izin perahu ini, kami bisa berangkat dan kembali mencari ikan di laut dengan tenang," tuturnya.

Sementara itu, pada saat pembukaan TMMD di Desa Dadap kemarin, Gubernur Jawa Barat, H. Ahmad Heryawan menyerahkan bukti kelengkapan perizinan nelayan Desa Dadap dan masyarakat Kabupaten Indramayu yang telah selesai diurus.

"SIPI ini sebagai pegangan para nelayan untuk legalitas armada tangkap, semoga bisa bermanfaat," ungkap Aher didampingi Pangdam III/Siliwangi dan Bupati Anna Sophanah.

Menurutnya, pelayanan pembuatan SIPI pada pembukaan TMMD sangat berarti, sehingga kegiatan yang diinisiasi oleh TNI benar-benar sesuai kebutuhan masyarakat setempat, terutama masyarakat Desa Dadap yang mayoritas nelayan dan membutuhkan pelayanan SIPI.

Pada kesempatan itu pula, diserahkan dokumen SIPI oleh Gubernur Jawa Barat kepada anggota KPL Mina Sumitra Karangsong, Guntur Surya Pernata secara simbolis dan posko Dinas Perizinan Provinsi Jawa Barat melayani ratusan permohonan SIPI pada pelaksanaan pembukaan TMMD ke-98 di Kabupaten Indramayu menjadi sisi lain dari pelaksanaan sebelumnya. (Agus Sugianto)

Loading Komentar....
loading...